Baskorojati, Dwiki (2016) Analisis Isi Pesan Iklan Hotel Pada Majalah “Kabare” Periode Bulan Oktober 2013 – Maret 2014. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
| Preview | Text ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview | 
Abstract
Hotel  di  Yogyakarta  yang  saat  ini  tumbuh  sangat  pesat  membuat 
persaingan  semakin  ketat.  Gencarnya  promosi  yang  dilakukan  oleh  pihak  hotel 
membuat  media  ramai  menjadi  media  perantara.  Berbagai  macam  keunggulan 
hotel  mereka  tonjolkan  demi  menarik  konsumen  melalui  iklan.  Gaya  beriklan 
yang  sudah  monoton  dalam  memberikan  informasi  produk  dinilai  sudah  tidak 
efektif  lagi.  Majalah  “Kabare”  yang  hadir  di  tengah  masyarakat  merupakan 
majalah komunitas budaya yang menjadikan hotel sebagai perhatian khusus. Hal 
inilah  yang  melatarbelakangi  penulis  untuk  memilih  majalah  “Kabare”  sebagai 
objek penelitian.  Metode  yang digunakan dalam membantu penelitian ini adalah 
metode analisis isi dan juga menggunakan teknik pengkodingan. Dengan populasi 
majalah sebanyak 6 buah dan ditemukan 23 sampel populasi. Dari hasil penelitian 
didapatkan beberapa hal penting yang dapat menafsirkan isi dari pesan iklan hotel. 
Dari segi klasifikasi hotel didapatkan hotel yang belum berklasifikasi yang justru 
paling  dominan  dibandingkan  klasifikasi  hotel  yang  sudah  berbintang.  Untuk 
fungsi  komunikasi  iklan  itu  sendiri  didapatkan  hasil  sebagai  membangun  citra 
sebagai pesan yang sering dijumpai dalam iklan. Dari sisi ilustrasi pun didapatkan 
illustration  of  the  product  setting  yang  paling  banyak  digunakan  dalam  iklan 
hotel.  Body  copy  dalam  iklan  adalah  isi  naskah  dalam  iklan  dan  yang  paling 
dominan adalah factual copy dan card copy. Pendekatan penyampaian pesan yang 
digunakan pun lebih dominan menggunakan pendekatan secara emosional. Dilihat 
dari segala aspek yang ditemukan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 
isi  pesan  iklan  hotel  yang  ingin  dibentuk  adalah  untuk  membangun  citra.  Pesan
iklan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak dan sesuai dengan apa 
yang diinginkan oleh pihak pengiklan.
Kata kunci : iklan hotel, pesan
xviii
ABSTRACT
Hotels in Yogyakarta which  lately  currently growing very rapidly make 
the competition tighter. Incessant promotion doing  by the hotel make the media 
crowded.  A  wide  variety  of  hotel  they  highlight  excellence  in  order  to  attract 
consumers through advertising.  Monotonous style of advertising that has been in 
providing  information  products  considered  to  be  no  longer  effective.  The 
"Kabare"  magazine  is  a  local  magazine  that  present  in  the  community  is  a 
community magazine culture that makes the hotel a special  attention.  It  is what 
lies behind the author to choose the "Kabare"  magazine  as research objects. The 
method  used  in  this  research  is  to  help  content  analysis  method  and  also  using 
coding techniques. With a population of as many as six pieces of magazine and 
discovered 23 populations sampled. From the results, a few important things you 
can  interpret  the  content  of  messages  advertising  the  hotel.  In  terms  of  hotel 
classification obtained hotels that have not been classified as the most dominant 
even  than  the  already  star  hotel  classification.  For  advertising  communication 
function  itself is obtained as image building as a message that is often found in 
advertising. From the illustrations was obtained illustration of the product settings 
are most widely used in advertising the hotel. Body copy in the ad is the content 
in advertising  and are predominantly factual and card copy.  Messaging approach 
used was more dominant in an emotional approach. Viewed from any aspect that 
is  found  from  the  research  results  can  be  concluded  that  the  hotel  advertising 
messages  to  be  formed  is  to  build  the  image.  The  advertising  message  can  be 
conveyed  well  to  the  audience  and  in  accordance  with  what  is  desired  by  the 
advertiser.
Keyword : ads hotel, message
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Darsini Darsini | 
| Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:58 | 
| Last Modified: | 03 Oct 2016 03:58 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7100 | 
Actions (login required)
|  | View Item |