SUMIRAH, SUMIRAH (2016) ANALISIS EKSISTENSI PASAR RAKYAT DITENGAH HEGEMONI PASAR SWALAYAN (STUDI KASUS PADA PASAR REJOWINANGUN KOTA MAGELANG TAHUN 2016). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER SUMIRAH 243120007.pdf Download (93kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI SUMIRAH 243120007.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SUMIRAH 243120007.pdf Download (613kB) | Preview |
Preview |
Text
INTISARI & ABSTRAK SUMIRAH 243120007.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Pertumbuhan pasar pusat perbelanjaan dan pasar swalayan yang semakin
besar telah mengancam keberadaan dan kelangsungan hidup pasar rakyat. Padahal
banyak pedagang kecil dan masyarakat tingkat bawah yang kehidupannya sangat
tergantung pada keberadaan pasar rakyat. Perlu usaha yang sungguh-sungguh dari
pemerintah dan masyarakat untuk dapat mempertahankan keberadaan atau
eksistensi pasar rakyat dari ancaman tersebut. Pasar Rejowinangun Magelang
merupakan pasar rakyat terbesar di Kota Magelang dan menjadi sentral
perekonomian masyarakat Kota Magelang dan sekitar wilayah Kota Magelang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi pasar rakyat ditengah
hegemoni pasar swalayan studi kasus pada Pasar Rejowinangun Magelang
dengan empat variabel penelitian meliputi variabel kekuatan, variabel kelemahan,
variabel peluang, variabel ancaman. Pengukuran masing-masing variabel akan
diuji keabsahan atau kesahihannya dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat non
eksperimen dengan pendekatan survei. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis
SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunies, Treaths). Pengumpulan data
dilakukan baik melalui data primer maupun data sekunder dengan tehnik
pengambilan data mempergunakan kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi.
Penentuan responden yang akan diteliti mempergunakan tehnik purposive
sampling.
Hasil analisis menunjukan strategi untuk menjaga eksistensi Pasar
Rejowinangun Magelang yaitu dengan memanfaatkan kekuatan yang ada di Pasar
Rejowinangun Magelang dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya.
Potensi dan ciri khas Pasar Rejowinangun Magelang menjadi modal untuk
mempromosikan Pasar Rejowinangun Magelang. Strategi yang paling strategis
yaitu mengadakan kegiatan/event kesenian tradisional setiap Minggu Pahing di
Pasar Rejowinangun Magelang yang bertujuan untuk menarik simpati masyarakat
untuk berkunjung dan berbelanja di Pasar Rejowinangun Magelang. Hal yang
perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Magelang adalah masih
banyaknya pedagang yang mempunyai hak menempati kios/los di Pasar
Rejowinangun Magelang tetapi belum mulai berjualan (kios/los masih tutup).
Kata Kunci : analisis SWOT, strategi kegiatan/event kesenian tradisional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |