STRATEGI BAURAN PEMASARAN PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR PRAMBANAN DAN RATU BOKO UNTUK MEMPROMOSIKAN CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN DAN RATU BOKO SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA

Manurung, Merlyn Erika Rospita (2015) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PT. TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR PRAMBANAN DAN RATU BOKO UNTUK MEMPROMOSIKAN CANDI BOROBUDUR, PRAMBANAN DAN RATU BOKO SEBAGAI WARISAN BUDAYA DUNIA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK Merlyn.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK Merlyn.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko dalam upaya yang
dilakukan untuk memperkenalkan perusahaan sebagai pengelola dan situs wisata candi
sebagai Warisan Budaya Dunia yang perlu dilestarikan dan merubah pandangan masyarakat
terhadap perusahaan dan Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Ratu Boko, sebagai tempat
wisata yang edukatif sehingga perlu dijaga dan dilestarikan keberadannya. Tujuan penelitian
ini untuk menganalisis strategi bauran promosi PT. Taman Wisata Candi Borobudur
Prambanan dan Ratu Boko melalui strategi bauran promosi untuk mempromosikan wisata
Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sebagai Warisan Budaya Dunia dan
menganalisis penelitan dengan mengkaitkan dengan teori penyusunan tindakan. Metode
penelitian besifat deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data penelitian melalui
wawancara dan observasi objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui,
melalui strategi bauran pemasaran yang dilakukan PT. Taman Wisata Candi Borobudur
secara perlahan mulai memperoleh hasil dari perubahan yaitu dalam peningkatan mutu
pelayanan, sarana prasarana, cara berpromosi. Pandangan masayarakat telah menganggap PT.
TWC layak untuk mengelola warisan budaya dunia yaitu Candi Borobudur dan Candi
Prambanan. Hal ini juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah pengunjung, meskipun
perubahan tidak secara signifikan tetapi mulai terasa bagi PT. TWC. Perubahan tersebut juga
dapat dilihat dan diketahui oleh banyak orang melalui berbagai penghargaan yang diterima
oleh PT. Taman Wisata Candi baik penghargaan nasional maupun Internasional, sehingga
semakin menimbulkan percaya diri persusahaan untuk terus maju menjadi kebanggan bangsa
Indonesia, dan mampu bersaing dengan wisata lain di Indonesia bahkan di Dunia.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu
Boko, Warisan Budaya Dunia

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:01
Last Modified: 30 Sep 2016 04:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item View Item