STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SDIT DARUSSALAM SELOKERTO

ST. Nurkhairinnas, ST. Nurkhairinnas (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SDIT DARUSSALAM SELOKERTO. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat berpengaruh pada zaman sekarang ini. Sekolah adalah lembaga pendidikan formal tempat seseorang menuntut ilmu. Penelitian ini didasari atas adanya persaingan yang ketat antar sekolah dalam proses memasarkan. Sebagian besar sekolah kini hanya berorientasi pada bisnis pendidikan saja, sehingga biaya pendidikan sekarang cenderung mahal. SDIT Darussalam Selokerto adalah salah satu SD Islam yang mempunyai konsep sekolah murah namun berkualitas. Dalam pandangan masyarakat, nama SDIT sendiri cenderung dikaitkan dengan kata “mahal”. SDIT Darussalam Selokerto memiliki kendala dalam meningkatkan jumlah murid. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh SDIT Darussalam Selokerto. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori Komunikasi Pemasaran dari Terrence A.Shimp. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Observasi dipakai untuk mengamati kegiatan Komunikasi Pemasaran SDIT Darussalam Selokerto. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data berupa perspektif atau pandangan dari pengurus Yayasan Darussalam Selokerto, Kepala Sekolah dan Guru-guru SDIT Darussalam Selokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Darussalam Selokerto berusaha mengenalkan dirinya kepada masyarakat yaitu dengan melalui kegiatan komunikasi pemasaran, mulai dari Personal Selling, Publicity, Sales Promotion, dan Event/Sponsorship, namun hasil yang didapat masih belum optimal dan masih perlu peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini, strategi komunikasi pemasaran SDIT Darussalam Selokerto dalam pelaksanaannya yang mencakup seluruh kegiatan komunikasi pemasaran, masih kurang maksimal dan perlu ditingkatkan lagi. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, SDIT Darussalam Selokerto, Studi Deskriptif, Terrence A. Shimp. Education is very important and very influential nowadays. Schools are formal educational institutions where people studies. This study was based on the existence of intense competition between schools in the marketing process. Most of schools nowadays only based on education business oriented, so that the cost of education today tend to be expensive. SDIT Selokerto Darussalam is one of the Islamic elementary school that has a cheap but quality concept. In the public perspective, SDIT itself tends to be associated with the word “expensive”. SDIT Darussalam Selokerto have constraints in increasing the number of students. The purpose of this study was to determine the strategy and marketing communication activities conducted by SDIT Darussalam Selokerto. The theory underlying this study is the theory of Terrence A.Shimp marketing communications. This study methods used a qualitative approach to the observation and interview techniques. Observation is used to observe activities Marketing Communications of SDIT Darussalam Selokerto. Interviews are used to collect data in the form of a perspective or view of the management of the Foundation Darussalam Selokerto, Principals and Teachers of SDIT Darussalam Selokerto. The results showed that SDIT Darussalam Selokerto is trying to introduce itself to the community that is through marketing communications activities, from Personal Selling, Publicity, Sales Promotion, and Event/Sponsorship, but the results are not optimal yet and still need improvement. The conclusion of this research, the marketing communication strategies of SDIT Darussalam Selokerto in practice, covering all marketing communications activities are not maximum yet and needs to be more increased. Keywords: Marketing Communications, SDIT Darussalam Selokerto, Descriptive Study, Terrence A. Shimp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:11
Last Modified: 30 Sep 2016 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item View Item