ST. Nurkhairinnas, ST. Nurkhairinnas (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SDIT DARUSSALAM SELOKERTO. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat berpengaruh
pada zaman sekarang ini. Sekolah adalah lembaga pendidikan formal tempat
seseorang menuntut ilmu. Penelitian ini didasari atas adanya persaingan yang
ketat antar sekolah dalam proses memasarkan. Sebagian besar sekolah kini hanya
berorientasi pada bisnis pendidikan saja, sehingga biaya pendidikan sekarang
cenderung mahal. SDIT Darussalam Selokerto adalah salah satu SD Islam yang
mempunyai konsep sekolah murah namun berkualitas. Dalam pandangan
masyarakat, nama SDIT sendiri cenderung dikaitkan dengan kata “mahal”. SDIT
Darussalam Selokerto memiliki kendala dalam meningkatkan jumlah murid.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kegiatan
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh SDIT Darussalam Selokerto. Teori
yang mendasari penelitian ini adalah teori Komunikasi Pemasaran dari Terrence
A.Shimp. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
observasi dan wawancara. Observasi dipakai untuk mengamati kegiatan
Komunikasi Pemasaran SDIT Darussalam Selokerto. Wawancara digunakan
untuk mengumpulkan data berupa perspektif atau pandangan dari pengurus
Yayasan Darussalam Selokerto, Kepala Sekolah dan Guru-guru SDIT Darussalam
Selokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa SDIT Darussalam Selokerto
berusaha mengenalkan dirinya kepada masyarakat yaitu dengan melalui kegiatan
komunikasi pemasaran, mulai dari Personal Selling, Publicity, Sales Promotion,
dan Event/Sponsorship, namun hasil yang didapat masih belum optimal dan masih
perlu peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini, strategi komunikasi pemasaran
SDIT Darussalam Selokerto dalam pelaksanaannya yang mencakup seluruh
kegiatan komunikasi pemasaran, masih kurang maksimal dan perlu ditingkatkan
lagi.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, SDIT Darussalam Selokerto, Studi
Deskriptif, Terrence A. Shimp.
Education is very important and very influential nowadays. Schools are
formal educational institutions where people studies. This study was based on the
existence of intense competition between schools in the marketing process. Most
of schools nowadays only based on education business oriented, so that the cost of
education today tend to be expensive. SDIT Selokerto Darussalam is one of the
Islamic elementary school that has a cheap but quality concept. In the public
perspective, SDIT itself tends to be associated with the word “expensive”. SDIT
Darussalam Selokerto have constraints in increasing the number of students. The
purpose of this study was to determine the strategy and marketing communication
activities conducted by SDIT Darussalam Selokerto. The theory underlying this
study is the theory of Terrence A.Shimp marketing communications. This study
methods used a qualitative approach to the observation and interview techniques.
Observation is used to observe activities Marketing Communications of SDIT
Darussalam Selokerto. Interviews are used to collect data in the form of a
perspective or view of the management of the Foundation Darussalam Selokerto,
Principals and Teachers of SDIT Darussalam Selokerto. The results showed that
SDIT Darussalam Selokerto is trying to introduce itself to the community that is
through marketing communications activities, from Personal Selling, Publicity,
Sales Promotion, and Event/Sponsorship, but the results are not optimal yet and
still need improvement. The conclusion of this research, the marketing
communication strategies of SDIT Darussalam Selokerto in practice, covering all
marketing communications activities are not maximum yet and needs to be more
increased.
Keywords: Marketing Communications, SDIT Darussalam Selokerto, Descriptive
Study, Terrence A. Shimp.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |