PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG LAYANAN MASKAPAI LION AIR DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing terhadap Pemberitaan Tentang Layanan Maskapai Lion Air di Republika.co.id Edisi 19 Februari – 23 Februari 2015)

Magelta, Felicitas Dian (2015) PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG LAYANAN MASKAPAI LION AIR DI MEDIA ONLINE (Analisis Framing terhadap Pemberitaan Tentang Layanan Maskapai Lion Air di Republika.co.id Edisi 19 Februari – 23 Februari 2015). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana situs berita Republika Online membingkai pemberitaan tentang layanan maskapai Lion Air. Penelitian ini menggunakan riset kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Adapun teknik analisis data, penelitian ini menggunakan analisis framing Robert N. Entman yang membagi bingkai wacana ke dalam empat elemen; pendefinisian masalah, menentukan masalah atau sumber masalah, membuat keputusan masalah, dan penekanan penyelesaian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kontruksi kasus delay Lion Air dalam Republika Online dilihat berdasarkan dua isu yang ditonjolkan yaitu bentuk pelayanan buruk dan pengelolaan penerbangan nasional. Republika yang mengusung slogan “Inspirasi Untuk Perubahan” berusaha mengedepankan sisi kemanusian dengan dan menghadirkan kritik-kritik terhadap pihak-pihak yang bersalah, terutama pemerintah serta tidak berada di bawah pengaruh kepentingan pihak tertentu dalam memunculkan berbagai wacana terkait dengan kasus delay berkepanjangan yang menimpa Lion Air. Teknik penyusunan fakta yang dibangun Republika Online mempunyai akibat pada makna berita yang ingin ditampilkan. Pemberitaan Republika cenderung melihat maskapai Lion Air kearah negatif. Pada pemberitaan tentang pengelolaan dunia penerbangan, sikap netral Republika Online hanyalah kamuflase. Kata Kunci: bingkai, delay, Republika Online, Lion Air The objective of this research is to know how to frame the website Republika Online about Lion Air airline service. This study used qualitative research. The data collected by documentation. The data analysis techniques is used analysis framing Robert N. Entman discourse that divides the frame into for elements; define problems, diagnose causes, make moral judgement, and treatment recommendation. The result of this research is that the construction delay cases Lion Air in Republika Online seen by two issues will find that their service is bad and the management of the national arline. Republika which carries the slogan is “Inspiration For Change” strive foward side of humanity with presenting the critism against the parties guilty, particulary the government and doesn’t below the influence of vested, interest in bringing the various discourses related to the case of the delay prolonged the override Lion Air. The fact of engineering preparation is the built Republika Online has resulted in the meaning of the newa that want to display. The preaching of Republika, Lion Air airline are likely to see negative toward. In the news about the management of the national arline, Republika Online neutrality is just camouflage. Keyword: Framing, delay, Republika Online, Lion Air

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 30 Sep 2016 03:01
Last Modified: 30 Sep 2016 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item