RACHMAWAN, ARKANUDIN NOOR (2015) EVALUASI STRATEGI MANAJEMEN SIARAN PRO 2 RRI YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTARA STASIUN RADIO DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pada proses penyelenggaraan siaran radio, perlu adanya manajemen
program siaran yang baik dan teratur. Manajemen program siaran pada stasiun
radio saling berkaitan dalam perencanaan dan penyusunan suatu program yang
akan disiarkan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana proses strategi manajemen
siaran yang diterapkan oleh PRO 2 RRI Yogyakarta dalam upaya untuk bersaing
dengan radio lain. Teori Niche, Teori Komunikasi Pemasaran dan Teori
Manajemen Siaran sebagai landasan dalam penelitian ini. Sebagai stasiun radio
yang berstatus Lembaga Penyiaran Publik, PRO 2 RRI Yogyakarta mempunyai
tanggung jawab sosial yang lebih besar dibandingkan dengan radio lain. Hal ini
membuat PRO 2 RRI Yogyakarta tidak berorientasi pada materi, namun tujuan
keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih mengutamakan untuk melayani
kepentingan masyarakat khususnya kaum muda sebagai segmentasinya. PRO 2
RRI Yogyakarta dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas
program siaran yang dimilikinya agar dapat tetap eksis dan bersaing dengan radio
lain yang ada di Yogyakarta. Hasil yang di peroleh peneliti yaitu strategi yang
diterapkan PRO 2 RRI Yogyakarta saat ini adalah dengan membuka ruang publik
seluas-luasnya kepada masyarakat, agar keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih
dirasakan dan program siaran yang dimiliki diminati oleh masyarakat. Evaluasi
yang diberikan peneliti untuk PRO 2 RRI Yogyakarta yaitu peneliti melihat masih
kurangnya publikasi program siaran yang dilakukan oleh PRO 2 RRI Yogyakarta.
Jadi yang perlu PRO 2 RRI Yogyakarta saat ini lakukan adalah dengan banyak
melakukan kegiatan di luar studio yang sifatnya menghibur dan mengedukasi,
baik secara on air maupun off air.
Kata kunci : Strategi, Manajemen Siaran, Manajemen Radio, Komunikasi
Pemasaran
To the process of radio broadcasts, there should have been program
management good and regular. Management programs broadcast on radio
stations interconnected in the planning and preparation of a program to be
broadcast. Researchers want to know how the process of broadcast management
strategies implemented by PRO 2 RRI Yogyakarta to to compete with other radio
stations. Researchers used some theory for this research, that is Niche Theory,
Marketing Communication Theory dan Radio Managements Theory. As an
institution of public broadcasting, PRO 2 RRI has a more responsibility than
other radio stations. This makes the PRO 2 RRI Yogyakarta is not oriented on the
material, but the purpose of existence PRO 2 RRI Yogyakarta prefers to serve the
interests of the public, especially young people as segmentations. PRO 2 RRI
Yogyakarta required to be more creative and innovative in packaging its
broadcast program in order to continue to exist and compete with other radios in
Yogyakarta. The results obtained by researchers is the strategy adopted PRO 2
RRI Yogyakarta today is to open up public space as possible to the public, so that
the presence of PRO 2 RRI Yogyakarta is perceived and broadcast programs that
are owned by the public interest. Evaluation given by researchers is also see the
lack of publication of the broadcast program conducted by PRO 2 RRI
Yogyakarta. So, publications do PRO 2 RRI Yogyakarta is held many activities
outside the studio that is both entertaining and fixed-value education, both of on
air or off air.
Keywords: Strategy, Broadcasting Management, Radio Management, Marketing
Communications.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Darsini Darsini |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 04:51 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 04:51 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/7004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |