FUNGSI DAN PERAN PUBLIC RELATIONS SEBAGAI CORPORATE COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK

PUSFITASARI, DINA (2015) FUNGSI DAN PERAN PUBLIC RELATIONS SEBAGAI CORPORATE COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN DI PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) TBK. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan fungsi dan peran Public
Relations sebagai Corporate Communication dalam meningkatkan citra
perusahaan di PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini
menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan kepustakaan. Teknik keabsahan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data,
kemudian data yang diperoleh diuraikan serta dikembangkan berdasarkan
model Pembentukan Citra oleh John S. Nimpoeno. Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dan peran PR sebagai
Corporate Communication di PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah
menjalankan strategi komunikasi perusahaan dengan efektif guna
meningkatkan reputasi perusahaan dan membangun kepercayaan publik
internal dan eksternal terhadap Garuda Indonesia. Peran PR sebagai Corporate
Communication di PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah sebagai sebagai
Communicator, juru bicara yang mewakili perusahaan dalam memberi segala
informasi yang ada terkait segala bentuk komunikasi yang dijalankan
perusahaan baik itu kegiatan-kegiatan, promosi, ataupun kebijakan yang
dikeluarkan manajemen perusahaan. PR sebagai Corporate Communication
juga berperan sebagai perantara komunikasi dan mediator/penghubung antara
perusahaan kepada publik internal dan maupun publik eksternalnya. PR juga
memiliki andil dalam menciptakan komunikasi dua arah serta menjaga agar
saluran komunikasi tetap terbuka untuk publik eksternal perusahaan terutama
kepada media dan pelanggan terhadap penyebaran informasi yang akan
menciptakan citra positif bagi perusahaan.
Kata Kunci : Fungsi dan Peran Public Relations Sebagai Corporate
Communication Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di PT. Garuda Indonesia
(PERSERO) Tbk.
xii
ABSTRACT
The purpose of this study is to describe the functions and role as
Corporate Communications Public Relations in improving the company's
image in PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. This study used a qualitative
descriptive type. Data was collected through observation, interview and
literature. Technique authenticity of data used in this research was the
triangulation of data sources, then the data obtained and developed based on
the model described Formation of Image by John S. Nimpoeno. Based on the
results of the study it can be concluded that the function and role of PR as
Corporate Communication PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk is running
the company with an effective communication strategy in order to enhance the
company's reputation and build public confidence in the internal and external
to the Garuda Indonesia. PR's role as Corporate Communications at PT.
Garuda Indonesia (Persero) Tbk is as a Communicator, a spokesman
representing the company in providing all information related to all forms of
communication that run the company both activities, promotion, or policies
issued by the company's management. PR as Corporate Communication also
plays a role as an intermediary and mediator communication/ liaison between
public companies and public internal and external. PR also had a hand in
creating a two-way communication and to keep the channels of
communication open to external public companies, especially to the media
and customers to the dissemination of information that will create a positive
image for the company.
Keywords : Describe the functions and role as corporate comunications Public
Relations in improving the company’s image in PT. Garuda Indonesia (Persero)
Tbk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:45
Last Modified: 28 Sep 2016 04:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item