APLIKASI PENGOLAH NILAI SISWA SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SMA N 2 Boyolali)

Rafsanjani, Alfiandi (2015) APLIKASI PENGOLAH NILAI SISWA SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus di SMA N 2 Boyolali). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini kurikulum 2013 baru mulai dilaksanakan untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Khusus untuk SMA dilaksanakan di seribu dua ratus tujuh puluh sekolah yang menjadi piloting dan dua ratus tujuh puluh yang mandiri. Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 menggunakan penilaian otentik yang berbeda dengan sistem penilaian berdasarkan kurikulum KTSP. Di antaranya penilaian pengetahuan melalui tes tertulis, tes lisan, maupun penugasan. Untuk keterampilan melalui penilaian praktek, projek maupun portofolio. Sedangkan penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, antar teman dan jurnal guru. Masing-masing penilaian harus dilengkapi dengan deskripsi kompetensi. Pada hasil akhir yaitu laporan capaian kompetensi harus juga terdapat kesimpulan penilaian sikap antar mata pelajaran yang dapat ditentukan melalui rapat antara wali kelas dengan seluruh guru yang mengajar kelas tersebut sehingga apabila hal itu benar-benar dilaksanakan maka akan menimbulkan pemborosan waktu maupun biaya. Oleh karena untuk membantu penilaian terhadap para siswa khususnya di SMA N 2 Boyolali, sangat perlu dibuatkan suatu aplikasi pengolah nilai yang mampu menampilkan deskripsi kompetensi maupun deskripsi sikap secara otomatis. Metode yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode Waterfall. Perancangan dan pembuatan sistem pengolah nilai berdasarkan kurikulum 2013 dengan menggunakan MySql dan CodeIgniter. Input yang diberikan berupa persentase pengelompokkan penilaian sebagai langkah awal, lalu input data siswa dan input nilai yang nantinya menghasilkan pendukung keputusan siswa mana saja yang harus mengambil remidi dan dapat menampilkan deskripsi kompetensi dan sikap antar mata pelajaran secara otomatis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut guru terbantu untuk menuliskan deskripsi kompetensi yang dicapai oleh masing-masing siswa yang berbeda-beda berdasarkan hasil capaian nilai per kompetensi dasar. Guru juga terbantu untuk membuat program remedial bagi siswa yang memerlukan, dan wali kelas sangat terbantu dalam penulisan deskripsi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan maupun kompetensi sikap yang dicapai oleh masing-masing siswa. Kata kunci : kurikulum, kompetensi, waterfall, CodeIgniter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:05
Last Modified: 22 Sep 2016 04:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6613

Actions (login required)

View Item View Item