Ghazzan, Hafizhan Hudani (2015) APLIKASI BROADCAST INFORMASI DAN TRACKING SUPIR TAKSI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : KSUP PATAGA YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Handy Talky (HT), merupakan hardware atau perangkat keras komunikasi yang
digunakan oleh admin untuk memberi informasi kepada setiap supir taksi yang sedang
bertugas. Sifat dua arah yang ada pada handy talky memberikan efek negatif pada sistem taksi
KSUP Pataga. Efek - efek negatif tersebut terjadi ketika admin menyebarkan informasi kepada
setiap supir taksi yang biasanya berisi tentang lokasi pelanggan atau lokasi yang ramai
pelanggan secara serentak menggunakan handy talky yang mana respon supir taksi kepada
admin harus secara bergantian dari supir taksi satu dengan yang lain. Pencarian lokasi supir
taksi yang menggunakan handy talky menyebabkan laporan supir taksi ke admin harus secara
bergantian yang dikarenakan sifat alat komunikasi tersebut. Kurangnya efisiensi dan boros
waktu ketika berkomunikasi antara supir taksi dengan admin, akan mengganggu kinerja
perusahaan yang tentunya akan menghasilkan nilai negatif tentang KSUP Pataga. Data profil
supir taksi dan data mobil taksi masih bersifat konvensional atau manual, sehingga ketika akan
ada perubahan data pada supir taksi atau mobil taksi membutuhkan ekstra kegiatan dan biaya
yang kurang efisien. Data - data tersebut akan digunakan untuk identifikasi pengguna yang
mana sangat dibutuhkan agar sistem jelas memberikan informasi – informasi yang ada. Sistem
yang peneliti bangun dapat membantu alat komunikasi handy talky sehingga admin dan supir
taksi mampu bekerja lebih optimal.
Penelitian ini menggunakan metode GRAPPLE sebagai pengembangan aplikasi server
berbasis web dan aplikasi client berbasis android. Pada aplikasi server yang mana digunakan
oleh admin akan menerima input teks informasi, data – data supir, mobil, dan smartphone
taksi yang digunakan untuk pengolahan dan pelayanan pelanggan. Sedangkan pada aplikasi
client yang mana digunakan oleh supir taksi akan menerima input data pelanggan pesan taksi
dan informasi atau konfirmasi teks ditujukan kepada admin. Hasil output dari aplikasi server
dan client yaitu informasi teks dan lokasi supir taksi secara realtime.
Smartphone yang merupakan telepon memiliki kemampuan komputer akan
memberikan kemudahan admin bertugas. Sifat smartphone yang tidak hanya dua arah,
memberikan fasilitas pengiriman pesan secara langsung kepada semua supir taksi yang sedang
bertugas serta respon kembali yang cepat. Supir taksi menerima informasi pesan dari admin
dengan menggunakan notifikasi dari smartphone, sedangkan untuk respon kembali dari supir
taksi ke admin menggunakan tombol yang memberikan keterangan bahwa supir taksi bisa atau
mampu melaksanakan tugas yang ada. Fasilitas dan fungsi yang menggunakan Google Cloude
Messaging sebagai notifikasi supir taksi. Supir taksi akan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
kelompok hari ganjil dan kelompok hari genap. Hari ganjil yang terdiri dari senin, rabu, jumat,
dan minggu, hari genap yang terdiri dari selasa, kamis, dan sabtu telah ditentukan oleh admin
untuk pembagian supir taksi yang ada. Admin dapat mengolah data - data tentang keterangan
daftar kelompok ganjil dan genap. Data - data supir taksi dan mobil taksi dapat di olah oleh
admin untuk kepentingan perubahan data. Setiap supir taksi yang sedang bertugas memiliki
username untuk memberikan keterangan kepada admin. Diharapkan dengan adanya kedua
aplikasi tersebut dapat membantu fungsi handy talky yang bertugas sangat penting dalam
proses pelayanan pelanggan dan komunikasi dalam perusahaan taksi.
Kata Kunci : Handy Talky, Smartphone, Android, Client Server, Google Cloud
Messaging
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 04:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 04:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |