APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEWAYANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA

Nawangsih, Rizka Tri (2013) APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEWAYANGAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA. Other thesis, UPN "Veteran" yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstract.pdf]
Preview
Text
2. Abstract.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Wayang merupakan salah satu budaya dari Jawa yang sampai saat ini masih
dilestarikan. Apalagi wayang merupakan salah satu kebudayaan yang diresmikan oleh UNESCO
sebagai warian dunia. Di Jawa Tengah Sendiri, pembelajaran pewayangan dipelajari dalam mata
pelajaran pendidikan bahasa Jawa dari sekolah dasar sampai tingkatan sekolah menengah atas.
Dalam penyampaiannya pengenalan tokoh pewayangan banyak yang disampaikan menggunakan
cara konvesional, cara ini kurang efektif dalam penyampaiannya. Dengan adanya Multimedia,
sebuah pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan hidup. Penggunaan multimedia dalam
menyelesaikan masalah pembuatan aplikasi pengenalan pewayangan adalah bagaimana
menghasilkan aplikasi pengenalan pewayangan yang menarik dan interaktif untuk disajikan
dalam pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.
Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metodologi
pengembangan multimedia. Sedangkan Perangkat lunak yang digunakan adalah Adobe Flash cs
3, Adobe Photoshop cs 4. Aplikasi pembelajaran pewayangan ini dibuat untuk membantu para
siswa sekolah dasar dalam mempelajari tokoh pewayangan dengan lebih menarik. Sedangkan
untuk para guru, aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam
menyampaikan materi wayang dengan cara yang lebih menarik dibandingkan dengan cara
konvesional.
Aplikasi pembelajaran interaktif pewayangan untuk siswa sekolah dasar ini menghasilkan
aplikasi yang interaktif dan menarik. Di dalamnya terdapat menu sejarah wayang, materi, video,
kuis, game, bantuan, dan keluar. Dalam soal kuis dibuat random namun tidak dapat menambah
data, hanya dapat mengubahnya saja. Dengan Aplikasi ini , diharapkan anak-anak akan lebih
mudah untuk memahami tokoh pewayangan serta dapat melestarikan wayang sebagai
kebudayaan asli Indonesia yang sudah ada sejak dulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 19 Sep 2016 01:24
Last Modified: 19 Sep 2016 01:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item