KONVERGENSI PROGRAM MATA NAJWA DI METRO TV DENGAN MEDIA SOSIAL

ANDRE, ANDRE (2016) KONVERGENSI PROGRAM MATA NAJWA DI METRO TV DENGAN MEDIA SOSIAL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Televisi telah lama menjadi media informasi dan hiburan yang paling menarik karena menampilkan informasi dalam bentuk gambar bergerak. Acara televisi yang dekat dengan khalayak lebih mudah mendapat perhatian. Koneksi ini menjadikan konvergensi media semakin mudah dilakukan oleh banyak program acara. Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media konvensional dengan media online. Penelitian berjudul “Konvergensi Program Mata Najwa di Metro TV dengan Media Sosial” memiliki tujuan untuk mengetahui konvergensi acara Mata Najwa dengan media sosial dan mengidentifikasi komentar-komentar yang disampaikan melalui akun-akun tersebut kepada program Mata Najwa. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif dengan menggambarkan strategi promosi melalui media online secara komprehensif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan berkait dengan acara Mata Najwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ajakan menonton Mata Najwa diperlihatkan dengan narasi dan konten status Facebook yang lengkap. Komentar baik, buruk dan saran menjadi tolak ukur awareness followers terhadap Mata Najwa. Selain itu, respon like dan share kedua akun Facebook Mata Najwa mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan berkembangnya program acara tersebut. Konvergensi media yang dilakukan Mata Najwa menyertakan banyak elemen, yaitu televisi, Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube serta acara off air. Kata Kunci : Konvergensi, Media Sosial, Mata Najwa, Televisi. ABSTRACT Television has been as an information media and entertainment which most interesting because it is displaying information in a movement picture. interesting Television's program could attract the viewers easily. This connection made convergence media easier to do for many programs. Convergence media is an intragation from conventional media with online media. Research with title "Convergence program Mata Najwa in Metro TV with Social Media" has purpose to knowing convergence between Mata Najwa Program with social media and to identifying comments from those accounts to Mata Najwa Program. This research use descritif quantitative analysis with explaining the promotion strategy through online media in comprehensive way. Data's collection tehnique which used is documentation with collecting some datas which relevant with Mata Najwa Program. The result from this research showed that invitation to watch Mata Najwa has been showed with good narration and complete facebook status. Good and bad comment and also suggestions become a benchmark from followers to Mata Najwa Program. Instead of that, likes and shares responses from both facebook accounts of Mata Najwa has increased from year to year in line with program's development. Convergence media which is doing by Mata Najwa enclose many elements, such as television, facebook, twitter, instagram and Youtube and also off air program. Keywords: Convergence, Social Media, Mata Najwa, Television.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 11 May 2016 03:09
Last Modified: 11 May 2016 03:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item