APLIKASI PENJURIAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT

Pandu Wiguna, Bima (2013) APLIKASI PENJURIAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Dalam pertandingan olah raga Pencak Silat, cara penjurian masih dilakukan dengan
cara konfensional dengan menggunakan blanko kertas. Penggunaan blanko kertas ini
dinilai sudah tidak efisien. Banyaknya tuntutan dari berbagai pihak agar penjurian Pencak
Silat menjadi lebih efisien, transparan, modern, dan menarik sehingga lebih diterima oleh
masyarakat global, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mengatasi masalah tersebut.
Dalam membuat aplikasi ini metode penelitian yang digunakan adalah GRAPPLE
(Guidelines for Rapid Application Engineering) yang terdiri dari pengumpulan kebutuhan,
analisis, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Analisis dan perancangan aplikasi
ini menggunakan UML (Unified Modelling Language). Aplikasi ini dikembangkan dengan
bahasa pemrograman java dan MySQL sebagai media penyimpanannya. Serta NetBeans
sebagai software untuk membangun aplikasi ini.
Aplikasi Penjurian Pertandingan Pencak Silat merupakan sebuah aplikasi berbasis
desktop, aplikasi ini di kembangkan untuk memudahkan penjurian pada pertandingan olah
raga Pencak Silat. Aplikasi ini memuat semua elemen penjurian yang ada pada penjurian
konfensional, dan memuat aturan – aturan penjurian yang sudah di tetapkan oleh IPSI
(Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 07 Sep 2016 04:08
Last Modified: 07 Sep 2016 04:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6060

Actions (login required)

View Item View Item