DWI NASTITI, TITIE (2015) STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT TIRTA INVESTAMA KLATEN DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Menjalin hubungan pers atau media relations yang baik dengan para pemimpin
dan wartawan diperlukan untuk publisitas perusahaan yang dapat dilakukan
dengan pendekatan formal maupun non-formal. Salah satu pendekatan dengan
media yang dilakukan oleh Aqua adalah dengan mengadakan Anugerah
Jurnalistik AQUA (AJA). Dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini PT. Tirta
Investama Klaten mengalami kenaikan pemberitaan negatif oleh media. Terhitung
kurang lebih ada 16 berita negatif sampai September 2014. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi media relations Humas PT. Tirta Investama
Klaten dalam meningkatkan citra perusahaan di benak masyarakat. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Validitas data menggunakan
triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media relations yang dilakukan seperti
penyebaran siaran pers, jumpa pers, kunjungan pers, media gathering, peliputan
kegiatan, kopi darat dan surprise party ulang tahun media, menjadi faktor yang
mempengaruhi pembentukan citra di masyarakat. Setelah adanya media relations
publisitas perusahaan meningkat sebanyak 60 pemberitaan dari bulan Oktober
hingga Desember 2014. Peran humas dalam pemberitaan di media akan
memberikan referensi sehingga hal ini menjadi faktor dalam pembentukan citra.
Kata Kunci: Strategi Media Relations, Humas PT. Tirta Investama Klaten, Citra,
Masyarakat.
The press or media relations good relations with leaders and journalists needed to
publicity companies to do with the approach of both formal and non-formal. One
of the media who approach which is performed by Aqua is to conduct AQUA
Journalism Award (AJA). Within 2 years, PT. Tirta Investama Klaten increased
negative news by the media. No accounting for approximately 16 negative news
in September 2014. This study aims to understand media relations strategy of PT.
Tirta Investama Klaten public relation in improving the corporate’s image in
public mind. This study used methode as qualitative descriptive with data
collecting by interview, documentation and litterature revies. Data validity used
source of triangulasi and data collecting triangulasi. The results from this study
indicate that the media relations strategy undertaken such as the spread press
release, press conference, press visits, media gathering, reporting activities,
ground coffee and a surprise birthday party media, in improving the company's
image in the public's mind be one of the factors that influence image formation in
the community. After the media relations publicity companies increased by 60
reports from October to December 2014. The role of public relations in media
coverage will provide references so that this becomes a factor in image formation.
Keywords: Media Relations Strategic, Public Relations of PT Tirta Investama
Klaten, Positif Image, Society
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 07:00 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |