EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN TAHUN 2014 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Desa Wisata Jelok, Gunungkidul)

RUSDIYANTO, FERI (2015) EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN TAHUN 2014 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Desa Wisata Jelok, Gunungkidul). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Desa Wisata Jelok merupakan salah satu desa wisata mandiri yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Di antara desa wisata mandiri, kunjungan wisatawan menurun di Jelok. Untuk menghadapi persaingan bisnis dengan desa-desa wisata lain membutuhkan strategi yang handal dalam inovasi dan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan dampak dari strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh pengelola desa wisata Jelok meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan garis deskriptif data primer dari wawancara dan pencarian data sekunder dari observasi dan dokumentasi untuk lebih memahami fenomena yang terjadi dalam pemahaman yang menyeluruh dan mendalam strategi komunikasi pemasaran di desa wisata dalam meningkatkan wisatawan Jelok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan desa wisata Jelok menggunakan elemen komunikasi pemasaran. Akan tetapi pelaksanaan komunikasi pemasaran belum secara keseluruhan dilaksanakan karena berbagai keterbatasan, namun elemen komunikasi pemasaran digunakan untuk saling mendukung dan bekerjasama satu sama lain karena semuanya saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Secara umum, layanan dan fasilitas yang tersedia di desa wisata Jelok cukup mumpuni untuk memenuhi wisatawan di ibukota utama, sehingga optimalisasi kemasan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, kunjungan wisatawan. Jelok Tourism Village is one of the independent tourist village located in thedistrict of Gunungkidul. Among the self-contained tourist villages, tourist arrivals decreased Jelok. To deal with business competition with other tourist villages in need of a reliable strategy in the innovation and marketing. The purpose of this study was to identify and determine the effects of marketing communications strategy implemented by managers of the tourist village Jelok increase tourist visits. The study was conducted using qualitative descriptive research method with a descriptive outline the primary data from interviews and secondary data search of the observation and documentation to better understand the phenomena that occur in a thorough and deep understanding of marketing communications strategies on rural tourism in increasing traffic Jelok tourists. The results showed that the overall tourist village Jelok using elements of marketing communications. Although the implementation of marketing communications elements of the overall optimum has not been implemented due to various limitations, but the elements of marketing communications is to support each other and cooperate with each other because everything is interrelated and inseparable. In general, services and facilities available at the tourist village Jelok qualified enough to satisfy the tourists in the main capital, so that the optimization of the packaging of marketing communications strategy to increase tourist arrivals. Key words : Marketing Communications, tourist visits.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 06 Sep 2016 03:16
Last Modified: 06 Sep 2016 03:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item