RUSDIYANTO, FERI (2015) EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN TAHUN 2014 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Desa Wisata Jelok, Gunungkidul). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Desa Wisata Jelok merupakan salah satu desa wisata mandiri yang terletak
di Kabupaten Gunungkidul. Di antara desa wisata mandiri, kunjungan wisatawan
menurun di Jelok. Untuk menghadapi persaingan bisnis dengan desa-desa wisata
lain membutuhkan strategi yang handal dalam inovasi dan pemasaran. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan dampak dari strategi
komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh pengelola desa wisata Jelok
meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan garis deskriptif data
primer dari wawancara dan pencarian data sekunder dari observasi dan
dokumentasi untuk lebih memahami fenomena yang terjadi dalam pemahaman
yang menyeluruh dan mendalam strategi komunikasi pemasaran di desa wisata
dalam meningkatkan wisatawan Jelok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
secara keseluruhan desa wisata Jelok menggunakan elemen komunikasi
pemasaran. Akan tetapi pelaksanaan komunikasi pemasaran belum secara
keseluruhan dilaksanakan karena berbagai keterbatasan, namun elemen
komunikasi pemasaran digunakan untuk saling mendukung dan bekerjasama satu
sama lain karena semuanya saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Secara
umum, layanan dan fasilitas yang tersedia di desa wisata Jelok cukup mumpuni
untuk memenuhi wisatawan di ibukota utama, sehingga optimalisasi kemasan
strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, kunjungan wisatawan.
Jelok Tourism Village is one of the independent tourist village located in
thedistrict of Gunungkidul. Among the self-contained tourist villages, tourist
arrivals decreased Jelok. To deal with business competition with other tourist
villages in need of a reliable strategy in the innovation and marketing. The
purpose of this study was to identify and determine the effects of marketing
communications strategy implemented by managers of the tourist village Jelok
increase tourist visits. The study was conducted using qualitative descriptive
research method with a descriptive outline the primary data from interviews and
secondary data search of the observation and documentation to better understand
the phenomena that occur in a thorough and deep understanding of marketing
communications strategies on rural tourism in increasing traffic Jelok tourists.
The results showed that the overall tourist village Jelok using elements of
marketing communications. Although the implementation of marketing
communications elements of the overall optimum has not been implemented due to
various limitations, but the elements of marketing communications is to support
each other and cooperate with each other because everything is interrelated and
inseparable. In general, services and facilities available at the tourist village
Jelok qualified enough to satisfy the tourists in the main capital, so that the
optimization of the packaging of marketing communications strategy to increase
tourist arrivals.
Key words : Marketing Communications, tourist visits.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 06 Sep 2016 03:16 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:16 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |