POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN ABANKIRENK CREATIVE YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN

SATRIA, RANNY (2015) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN ABANKIRENK CREATIVE YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KARYAWAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Asbtrak.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Abankirenk Creative sudah beraktivitas sejak tahun 2004, di mana pada saat itu masih menangani beberapa bidang kreatif seperti multimedia, design, sablon, dan pembutan mug. Pada tahun 2007 Abankirenk Creative memfokuskan pada pembuatan buku tahunan sekolah. Komunikasi yang baik antara pimpinan dan karyawan dalam organisasi sangat dibutuhkan di dalam sebuah perusahaan oleh karena itu akan mempengaruhi kinerja serta loyalitas karyawannya. Untuk itu diperlukan adanya pola komunikasi organisasi yang baik dan benar. Dengan banyaknya karyawan. Dengan adanya sebagian besar karyawan yang masih bekerja dari tahun 2008 hingga saat ini mencerminkan adanya sikap loyal di setiap karyawannya. Suasana kekeluargaan dan penerapan komunikasi entertain serta merupakan cara yang diterapkan oleh owner dalam membangun loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola komunikasi yang diterapkan di Abankirenk Creative dalam membangun loyalitas karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan kerangka teori analisis model input proses output yang dikembangkan oleh Bales untuk mendeskripsikan serta menganalsisi pola komunikasi organisasi di Abankirenk Creative, dimana informasi dan pengaruh datang kepada kelompok (input), kelompok mengolah informasi ini dan hasilnya berputar kembali untuk mempengaruhi orang lain (output). Hasil penelitian ini menunjukan ada tiga pola komunikasi yang diterapkan, (1) pola komunikasi antara owner dengan induk manajemen, (2) komunikasi horizontal dan komunikasi ke bawah – ke atas, (3) pola komunikasi induk manajemen dengan karyawan. Dalam membangun loyalitas karyawan Abankirenk creative menerapkan komunikasi entertain, dimana owner dan induk manajemen memfasilitasi segala kegiatan yang diadakan oleh karyawan baik internal maupun eksternal. Dengan diterapkannya komunikasi entertain ini diharapkan setiap karyawan saling mengenal antara satu dengan lainnya yang nantinya dapat memupuk sifat kekeluargaan dan selanjutnya dapat menumbuhkan loyalitas terhadap perusahaan. Kata Kunci : Deskriptif, loyalitas, pola komunikasi Abankirenk creative already be active since 2004, in which at that time still handle some Of creative field as multimedia, design, canvass, and making cups. In 2007 abankirenk creative focus on the school yearbook. Good communication between leaders and employees in the organization is needed in a company by because it will affect the performance of their employees and loyalty. For that required the presence of a pattern of the communication right and good organization. With the number of employees. With the most workers who are working from 2008 to reflect the attitude currently in any loyalty of its employees. By the presence of the majority of workers who are working from 2008 until now reflect the presence of the attitude of loyalty in each employees. An atmosphere sense of family and application of communication entertain well as an the ways applied by owner in building loyalty. This research aims to understand the shape of the pattern communication applied in abankirenk cretive in building loyalty employees. This study using methods descriptive qualitative research with a skeleton theory analysis model output input the process which was developed by the Bales to described a pattern and menganalsisi communication organization in abankirenk creative, where information and influence came to the group (input) the input the process this information and it's turning back to influence others (output). These results show the three applied, communications patterns (1) the management and communication between the owner, (2) a horizontal and a downward - upward (3) a communication to the management employees. Employee loyalty in developing creative abankirenk entertain on a communication where the owner and the management provided every activity held by an employee both internally and externally. Implementation is expected to entertain communication with every employee know each other between one to the other to foster what they can grow and family properties and loyalty to the firm. Keywords: descriptive, loyalty, a pattern communication

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:49
Last Modified: 05 Sep 2016 02:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item View Item