Angger Fitrihana, Adhinda (2015) PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MEMPERKUAT EKSISTENSI RADIO POLARIS FM MAGELANG. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK Pdf.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi berdampak pada perkembangan media komunikasi. Media yang semakin berkembang akhir-akhir ini salah satunya adalah situs jejaring sosial Facebook dan Twitter. Kedua media online ini lebih mudah digunakan dan lebih familiar, terutama di kalangan anak muda. Radio Polaris FM Magelang mengikuti trend yang sedang berkembang di kalangan anak muda saat ini terutama dalam menggunakan media terbaru dalam berinteraksi. Radio Polaris FM Magelang mencoba memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di Facebook dan Twitter untuk meningkatkan kualitas interaksi dan memenuhi kebutuhan pendengarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Pengembangan validitas sumber dalam penelitian ini menggunakan metode Triangulasi Data dengan mengumpulkan data melalui informan atau narasumber, dokumen yang didapat, dan mendatangi langsung kantor Radio Polaris FM Magelang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi media online tersebut dalam membantu Radio Polaris FM Magelang untuk berinteraksi dengan para pendengarnya. Facebook dan Twitter dimaksudkan untuk mengembangkan hubungan antara Radio Polaris FM Magelang dengan para pendengarnya yang selama ini hanya melalui media sms dan telepon yang dirasa kurang luas sehingga ruang geraknya terbatas. Memanfaatkan media online sebagai media interaksi dapat membantu Radio Polaris FM Magelang semakin dekat dengan pendengar di seluruh wilayah Magelang bahkan bisa sampai keluar wilayah Magelang, dan memperbaiki kualitas Media Interaksi Komunikasi yang lebih baik. Kata Kunci : Media Online , Radio , Eksistensi The background of this research is the development of technology that affect the development of communication media. Growing media lately one of them is the social networking site acebook and Twitter. Facebook and Twitter is easier to use and more familiar, especially among young people. Radio Polaris FM Magelang youngsters who try to follow a growing trend among young people today, especially in using new media interact. Radio Polaris FM Magelang tried using some existing facilities at Facebook and Twitter for improving the quality of interaction and to meet the needs of listeners. This study uses descriptive qualitative data analysis methods are presented with a detailed systematic description. Data was collected by interview with resource persons, to the location of observation and literature study. Development of the validity of the source in this study using data triangulated with data gathered through informants of sources, documents loaned by the Radio Polaris FM Magelang, and immediately went to the Radio Polaris FM Magelang to see directly the process of managing Facebook and Twitter Polaris FM Magelang. Based on the results, have concluded that a functions of media in helping Radio Polaris FM Magelang to interact with them audience is the Facebook and Twitter was intended to develop the relationship between Radio Polaris FM Magelang with them audience that during the time only through some media like SMS and telephone that is less wide so that its movement is limited. Using online media as a medium of interaction can help Radio Polaris FM Magelang closer to listeners across the region of Magelang even get to leave the terriotory of Magelang, and improve the quality of Interactive Communiacation Media is better. Keyword : Online Media , Radio , Existence
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 02:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:43 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5977 |
Actions (login required)
View Item |