PENENTUAN PRIORITAS MITRA KERJA DALAM PENYEDIAAN MEDIA PERIKLANAN DENGAN METODE HYBRID ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS ( Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik )

RIDWAN, ACHMAD (2015) PENENTUAN PRIORITAS MITRA KERJA DALAM PENYEDIAAN MEDIA PERIKLANAN DENGAN METODE HYBRID ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS ( Studi Kasus Pada PT. Petrokimia Gresik ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
MAKALAH PDF.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Industri advertising memerlukan kreatifitas yang tinggi serta sarana pendukung yang memadai. Salah satu sarana pendukung yang jarang dimiliki oleh usaha advertising adalah mesin cetak karena harganya yang cukup mahal. Maka PT. Petrokimia Gresik ingin melakukan kerjasama dengan percetakan. Dan memerlukan kriteria-kriteria yang dapat memberikan kepercayaan dan kenyamanan dalam menjalin hubungan kerjasama dengan pihak percetakan. Dalam menentukan percetakan sebagai partner kerjasama,diperlukan kriteria-kriteria yang menjadi dasar pemilihan percetakan mana yang kompeten. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) akan digunakan sebagai dasar evaluasi percetakan yang menjadi partner kerjasama dengan PT. Petrokimia Gresik. Penggunaan metode AHP dalam penelitian ini adalah untuk mengkuantifikasikan faktor-faktor atau alternatif-alternatif yang ada dalam penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan simulasi Monte Carlo digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan satu nilai yang dapat mewakili jawaban responden yang pastinya akan beragam pada tiap poin pertanyaan dalam kuisioner. Prioritas yang menjadi kriteria pemilihan PT. Petrokimia Gresik dalam memilih percetakan sebagai mitra kerjasama adalah aspek ekonomi dengan sub kriterianya yaitu model pembayaran, harga, potongan harga untuk jumlah order tertentu, dan minimal order dengan bobot prioritas global sebesar 62,79%. Sedangkan untuk alternatif percetakan yang dipilih oleh PT. Petrokimia Gresik sebagai mitra kerjasama adalah PT. Lintas Persada dengan bobot prioritas global 45,16%. Kata kunci : kriteria, Analitytical Hierarchy Process, percetakan, prioritas. Advertising industry requires high creativity as well as an adequate means of support. One means of support are rarely owned by the advertising business is printing machines because the price is quite expensive. PT. Petrochemical Gresik want to cooperate with printing. And requires criteria that can give confidence and comfort in a relationship of cooperation with the printing. In determining printing as a cooperation partner, the necessary criteria on which to base the selection of which are competent printing. Analytical Hierarchy Process ( AHP ) will be used as the basis for evaluation of printing that are partners in cooperation with PT. Petrochemical Gresik. The use of AHP method in this study is to quantify the factors or alternatives that exist in qualitative research. Meanwhile, Monte Carlo simulations are used in this study to obtain a value that can represent respondents who certainly will vary at each point questions in the questionnaire. Priority selection criteria which became PT. Petrochemical Gresik in choosing printing as a partner is the economic aspect of the sub- criteria which payment models , pricing , discounts for a certain number of orders , and the minimum order with a global priority weight of 62.79 % . As for printing alternative chosen by PT . Petrochemical Gresik as a partner is PT. Lintas Persada with global priority weight 45.16 %. Keywords : criteria, Analitytical Hierarchy Process, printing, priority.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:52
Last Modified: 09 May 2018 05:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item