APLIKASI PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DARI KAIN FLANEL BERBASIS ANDROID

Ardiyanti, Rike (2015) APLIKASI PEMBELAJARAN KERAJINAN TANGAN DARI KAIN FLANEL BERBASIS ANDROID. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Kerajinan tangan dari kain flanel saat ini sangat beranekaragam dengan warnawarna
yang cerah, sehingga banyak diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Peluang itulah yang menjadikan sebagian orang menekuni bisnis pembuatan kerajinan
tangan dari kain flanel ini. Untuk orang-orang yang baru tertarik dengan kerajinan tangan
dari kain flanel, dan ingin belajar membuatnya, perlu menggunakan tutorial sebagai
panduan untuk menghasilkan kerajinan tangan dari kain flanel. Saat ini sudah cukup
banyak media yang menyediakan pembelajaran tersebut, mulai dari buku panduan, kursus
secara langsung maupun melalui website. Namun website yang ada saat ini tidak
membahas cara membuat kreasi dari langkah dasar sampai membuat kreasi yang beraneka
ragam, dan melalui buku terdapat bagian yang kurang dimengerti karena hanya berupa
tulisan dan gambar.
Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi berbasis Android. Metodologi
pengembangan sistem yang digunakan adalah Waterfall untuk aplikasi admin, dan
GRAPPLE (Guidelines for Rapid APPlication Engineering) untuk aplikasi user. Aplikasi
admin dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL,
sedangkan aplikasi user dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dengan editor
Eclipse dan plugin Android Development Tool di dalamnya. Aplikasi admin dapat diakses
melalui web browser, sedangkan aplikasi user dapat diakses menggunakan smartphone
dengan sistem operasi Android.
Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran kerajinan tangan
dari kain flanel yang di dalamnya menjelaskan mengenai kerajinan tangan dari kain flanel,
mulai dari bahan dan alat yang diperlukan, macam-macam tusuk jahit, dan beberapa cara
membuat kreasi kerajinan tangan dari kain flanel, serta dilengkapi dengan video
pembuatannya. Karena aplikasi user berbasis Android, maka aplikasi ini dapat diinstal di
perangkat smartphone yang dapat dibawa kemana saja selama terkoneksi dengan internet.
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempelajari
kerajinan tangan dari kain flanel, dan mendapatkan referensi produk kreasi kerajinan
tangan dari kain flanel.
Kata kunci : Aplikasi, Android, Pembelajaran, Kain Flanel, Waterfall, GRAPPLE

Handicrafts of flannel currently very diverse with bright colors, so much in demand
by both children and adults. Opportunity is what makes some people pursue the business of
making handicrafts from this flannel. For those newly interested in the craft of flannel, and
want to learn to make it, it is necessary to use the tutorial as a guide to produce handicrafts
of flannel. We have had quite a lot of media that provides the learning, ranging from guide
books, courses directly or through the website. However, the existing website does not
discuss how to make the creation of the basic steps to make the creation of diverse, and
through the book there is a section that is poorly understood because only of writing and
drawing.
In this study built an Android-based applications. System development
methodology used is a Waterfall for application admins, and GRAPPLE (Guidelines for
Rapid Application Engineering) for user applications. Admin application built using the
PHP programming language and MySQL database, while the user application is built using
the Java programming language and the Eclipse editor plugin Android Development Tool
in it. Admin application can be accessed via a web browser, while the user application can
be accessed using a smartphone with Android operating system.
This study will produce a learning application crafts of flannel in it explains about
the craft of flannel, ranging from materials and necessary tools, various sewing puncture,
and some way of making hand-crafted creations of flannel, and equipped with video
making. Because Android-based user application, then the application can be installed on a
smartphone device that can be taken anywhere as long as connected to the Internet. With
this application is expected to assist the public in learning the craft of flannel, and
reference products handcrafted creations of flannel.
Keywords: Applications, Android, Learning, Flannel, Waterfall, GRAPPLE

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:40
Last Modified: 31 Aug 2016 06:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item