ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus: Swalayan 24 Jam CITROULI - Yogyakarta)

Sinurat, Tumbur (2014) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus: Swalayan 24 Jam CITROULI - Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Dalam industri jasa maupun manufaktur kualitas produk/jasa dari perusahaan
sangat diperhatikan karena semakin baik kualitas yang dimiliki maka perusahaan akan
lebih siap menghadapi persaingan bisnis yang sekarang semakin kompetitif. Industri jasa
adalah salah satu contoh bidang industri yang ditiap dekade selalu menunjukkan
persaingan dalam bidang teknologi, inovasi dan pelayanan sehingga memungkinkan
perusahaan untuk berkembang dan maju.
Swalayan 24 jam CITROULI yang beralamat di Jl. Babarsari Raya no. 114
Yogyakarta merupakan salah satu bisnis ritel dari sekian banyak bisnis ritel yang
menyediakan berbagai jenis kebutuhan belanja masyarakat baik sandang maupun
pangan. Semakin banyaknya kelompok masyarakat yang memiliki gaya hidup belanja
di ritel modern, Swalayan 24 jam CITROULI dituntut untuk mampu bersaing dalam
menarik konsumen dan mampu menempatkan diri untuk menjadi yang terbaik diantara
bisnis-bisnis ritel yang lain.
Dari hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa Nilai kualitas pelayanan (Q) CITROULI rata-rata masih di bawah 1,
namun dalam hal ini dikatakan cukup baik. Hanya saja memang perlu dilakukan usahausaha
peningkatan yang lebih terarah dari pihak CITROULI agar kualitas pelayanannya
semakin baik/meningkat. Dimensi tangible merupakan dimensi yang memiliki nilai
kualitas terkecil yaitu sebesar 0,667. Nilai kualitas terbesar terdapat pada dimensi
emphaty yaitu sebesar 0,72
Kata kunci: ServQual, Konsumen, GAP

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TS Manufactures
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 30 Aug 2016 05:43
Last Modified: 30 Aug 2016 05:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item