ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (Studi Kasus pada Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universisadade da Paz)

da Cruz, Elvira (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN MODEL KANO (Studi Kasus pada Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universisadade da Paz). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Kualitas sumber daya manusia suatu negara sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan,
khususnya pendidikan tinggi. Universidade da Paz (UNPAZ) merupakan salah satu
universitas yang didirikan setelah kemerdekaan Timor-Leste pada tahun 1999. Sebagai
perguruan tunggi yang belum lama berdiri tentu masih banyak hal yang harus dibenahi
untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Jurusan Teknik Industri sebagai salah satu program
studi di UNPAZ tidak luput dari keluhan mahasiswa mengenai pelayanan jasa pendidikan.
Evaluasi kepuasan mahasiswa ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor kualitas
pelayanan pendidikan yang perlu diperbaiki, dipertahankan, bahkan dikurangi akan
mengakibatkan kesalahan alokasi sumber daya seperti dana, tenaga kerja, dan waktu.
Analisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pendidikan ini dilakukan dengan
menggunakan model Kano dan Importance Performance Analysis (IPA). Penggunaan kedua
model ini dimaksudkan agar dapat menentukan atribut mana yang harus menjadi prioritas
untuk diperbaiki sesuai dengan urutan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.
Hasil analisis integrasi model IPA dan model Kano disimpulkan kuadran I one
dimensional yaitu kondisi ruang baca, kecepatan dan keakuratan pengolahan nilai,
pembimbing akademik yang solutif, memotivasi, mudah ditemui, karyawan administrasi
ramah, adanya informasi lowongan pekerjaan, adanya keringanan biaya pendidikan bagi
mahasiswa berprestasi dan tidak mampu dan adanya evaluasi hasil studi oleh pembimbing
akademik. Kuadran III must be pada kualitas pelayanan atribut kecepatan penanganan
masalah akademik/administrasi mahasiswa, dosen siap dan mampu mengajar materi, dosen
menyampaikan materi secara jelas dan kegiatan PK2/OSPEK mendidik dan tidak
memberatkan. Kuadran I dan kategori kano one dimensional yaitu kesesuaian biaya
pendidikan dengan fasilitas, adanya SOP, kepala laboratorium yang kompeten, peduli dan
komunikatif, adanya integrasi/kerjasama antar laboratorium dan ada kegiatan rutin.
Kuadran III dan kategori must be yaitu pada kualitas pelayanan atribut kondisi fasilitas
laboratorium, koordinasi yang baik antara kepala laboratorium dengan asisten dan adanya
laboratorium yang memfasilitasi tugas akhir.
Kata kunci : Perguruan Tinggi, Kualitas Pelayanan, Kano, Importance Performance
Analysis (IPA)

Human resource quality of a country is very determined by education quality, especially
high education. Universidade da Paz (UNPAZ) is one of universities established after East-
Timor Independence Day in 1999. As an University that has not longer to be established
there are still many things should be developed to improve the service quality. Industrial
Technique Study Program as one of Study Programs at UPNPAZ is not sliupped away from
students’ complaint on education service. The evaluation of student satisfaction to know
education quality factors that should be developed, maintained, or even reduced will cause
resource allocation such as fund, work force and time.
The analysis of students’ satisfaction level towards this education quality is conducted
using Kano and Importance Performance Analysis (IPA). The use of both models are
intended to determine which attributes that should be the priority to be developed as the
order that should be prioritized.
The analysis result of IPA model integration and Kano model is concluded Quadrant I
one dimensional is reading room condition, value processing celerity and accuracy, solutive
academic instructors who motivate and easy to be met, friendly administration employees,
job vacancy information, tuition dispensation for performance and middle-lower class
students, and study result evaluation done by academic instructor. Quadrant III must be on
service quality on students’ academic/administration problem handling celerity atribute,
lecturers who are ready and able to teach teaching material, lecturers deliver the material
clearly and educating and not making heavy PK2/OSPEK activity. Quadrant I and kano
category one dimensional is the appropriatenes between tuition and facility, SOP, competent,
care, and communicative laboratory chief, integration/ cooperation between laboratory and
routine activity. Quadrant III and must be category is atributive service quality of laboratory
condition, good coordination between laboratory chief and assistant and laboratory which
facilitates final task.
Keywords: College, Service Quality, Kano, Importance Performance Analysis (IPA)

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TS Manufactures
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:12
Last Modified: 24 Aug 2016 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item