TEDDY FEBRIYANTO, PETRUS (2015) ANALISIS PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI DEPARTEMEN BAGASI (Studi Kasus di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan dimana karyawan Bandara di departemen bagasi sangat rentan terhadap kerusakan pendengaran dalam bentuk pergeseran, ambang dengar temporer atau permanen. Oleh sebab itu diperlukan upaya pengendalian bising di lingkungan Bandara yang mencakup pengendalian untuk karyawan penerbangan dan juga untuk lingkungan sekitar Bandara. (Chaeran,2008) Menurut Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.48/MenLH/ll/l996 tingkat kebisingan maksimum untuk daerah pemukiman 55 dBA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung pengaruh kebisingan dari aktivitas bandara di departemen bagasi Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan untuk mengetahui ambang batas intensitas kebisingan yang sesuai yang diijinkan oleh Pemerintah. Langkah-langkah pengolahan data dalam penelitian ini adalah menghitung rata-rata tingkat kebisingan selama tujuh hari, menghitung tingkat kebisingan ekuivalen (Leq=L equivalen), dan menghitung uji kecukupan data, uji keseragaman data, melakukan uji hipotesis untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara intensitas kebisingan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan analisis hasil dapat disimpulkan bahwa lokasi penelitian di departemen bagasi dikatakan tidak aman karena intensitas kebisingannya sebesar 95,06 dBA > 85 dBA. Sedangkan dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh dengan nilai T Hitung sebesar 4,542 > TTabel sebesar 2,093, maka ada pengaruh antara intensitas kebisingan terhadap kinerja karyawan di departemen bagasi. Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Kinerja, Departemen Bagasi
ABSTRACT
Based on the observation that employees luggage service department are
highly susceptible to hearing damage in the form of a shift, temporary or
permanent hearing threshold. Therefore the necessary effort to control noise in
the airport environment for employees that includes flight control and also for the
neighborhood around the airport. (Chaeran, 2008) According to the Ministry of
Environment Decision 48 / MenLH / ll / l996 maximum noise level of 55 dBA for
residential areas. The purpose of this study was to quantify the effect of noise
from airport activities in the luggage department Yogyakarta Adisucipto Airport
and to determine the threshold corresponding noise intensity permitted by the
Government.
Data processing steps in this research is to calculate the average noise
level for seven days, calculate the equivalent noise level (Leq = L equivalent), and
calculate the data adequacy test, uniformity test data, conduct a hypothesis test to
determine whether there is influence between intensity noise on the performance
of employees.
Based on the analysis of the results it can be concluded that the location of
research in the luggage department said unsafe because of the intensity of 95.06
dBA noise> 85 dBA. While the calculation of hypothesis test obtained with T
Calculate the value of 4.542> 2.093 ttable, then there is the influence of the
intensity of noise on the performance of employees in the luggage department.
Keywords: Intensity Noise, Performance, Department of Baggage
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |