LOYALITAS PELANGGAN PADA MAKANAN TRADISIONAL DI YOGYAKARTA (Survey pada konsumen gudeg di daerah Wijilan Yogyakarta)

NOVITASARI, TITIS (2014) LOYALITAS PELANGGAN PADA MAKANAN TRADISIONAL DI YOGYAKARTA (Survey pada konsumen gudeg di daerah Wijilan Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Untuk dapat membangun pondasi yang kuat, salah satu prasyarat yang harus
dipenuhi perusahaan adalah memahami baik konsumen maupun pesaing yang ada,
karena baik konsumen maupun pesaing akan saling mempengaruhi perubahan
produk maupun layanan melalui keikutsertaannya. Indonesia memiliki banyak
jenis makanan tradisional, salah satunya adalah makanan tradisional khas dari
Yogyakarta yaitu Gudeg. Citra sebuah produk mempengaruhi konsumen dalam
memutuskan memilih suatu produk untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginannya. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya.
Seorang konsumen dikatakan setia atau loyal apabila menunjukkan perilaku
pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan
pelanggan membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu, dan pada
kondisi ini konsumen tersebut dapat disebut sebagai pelanggan. Penelitian ini
dilakukan di Jl Wijilan Yogyakarta, karena di daeran tersebut merupakan sentra
gudeg. Data yang digunakan menggunakan kuesioner, sampel yang digunakan
sebanyak 100 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode non probability
sampling dengan teknik purposive sampling. Alat analisis dalam penelitian ini
adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini
mempunyai kesimpulan citra dan kepuasan konsumen secara parsial berpengaruh
positif terhadap loyalitas pelanggan. Citra dan kepuasan konsumen secara
bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan
konsumen merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas
pelanggan.
Kata kunci : citra, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan, gudeg

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:34
Last Modified: 24 Aug 2016 02:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item