ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MENGENAI ISU ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SHAM (ISIS) PADA MEDIA ONLINE TEMPO.CO DAN REPUBLIKA ONLINE (JANUARI -JULI 2015)

RAHAYU, PURWOKINANTI (2016) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MENGENAI ISU ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SHAM (ISIS) PADA MEDIA ONLINE TEMPO.CO DAN REPUBLIKA ONLINE (JANUARI -JULI 2015). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita yang dilakukan oleh Tempo.co dan Republika online terhadap isu Islamic State of Iraq and Syam (ISIS) pada bulan Januari-Juli 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Robert Entman yang meneliti mengenai strategi pembingkaian media meliputi define problem (pendefinisian masalah), diagnouse causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral) dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian masalah). Sampel berita sebanyak 8 berita dari Tempo.co dan 9 berita Republika online yang berkaitan dengan isu ISIS pada bulan Januari-Juli 2015. Judul berita dipilih berdasarkan pada kategorisasi isu yang sudah ditentukan untuk menjadi sampel yaitu isu asal-usul ISIS, kekerasan, tanggapan dunia internasional dan upaya penyelesaian masalah ISIS. Alasan pemilihan judul dan kategori isu ISIS karena telah mewakili fakta-fakta dan berita yang ditulis oleh Tempo.co dan Republika online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tempo.co dan Republika online menyudutkan ISIS. Kedua media tidak setuju dengan keberadaan ISIS dan menginginkan masalah ISIS segera diselesaikan. Hal itu terlihat dari penggunaan judul yang negatif mengenai ISIS dan penekanan-penekanan kata pada teks beritanya. Berdasarkan ideologi yang dianutnya yaitu demokrasi, Tempo.co lebih sering membahas mengenai isu ISIS dari sudut pandang Hak Asasi Manusia, sementara Republika online sebagai media yang memegang prinsip Islam cenderung membahas masalah ISIS dari sudut pandang Islam. Sebagaimana peran media massa yang meliputi media informasi dan edukasi, kedua media hanya menjalankan fungsi informasi saja. Hal ini dikarenakan pada beberapa teks berita, Tempo.co dan Republika online tidak menyertakan elemen treatment recommendation. Kata kunci: Analisis Framing, ISIS, Ideologi, Berita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 May 2016 07:38
Last Modified: 10 May 2016 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item