LISTIYONO, ARIS (2015) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus PT Tawada Healthcare, Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Persaingan di dunia industri semakin ketat seiring dengan terus meningkatnya
pertumbuhan industri. Persaingan ini mengakibatkan setiap industri lebih bekerja keras dalam
merumuskan strategi pemasaran perusahaannya. PT. Tawada Healtcare merupakan perusahaan
yang bergerak dalam bidang penjualan alat-alat kesehatan yang sedang berkembang.
Permasalahan utama industri ini adalah terbatasnya tim promosi untuk mengembangkan usaha dan
menjalankan kegiatan pemasaran, tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi yang
menjadi prioritas dengan melihat posisi perusahaan saat ini.
Teori Matrik Boston Consulting Group merupakan metode yang menunjukkan perbedaan
diantaranya berbagai devisi dalam posisi pangsa pasar dan tingkat pertumbuhan industri. Fungsi
utama dari terori BCG adalah untuk mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan industri saat
ini. Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan volume penjualan terbaru perusahaan dan
membandingkan dengan volume penjualan tebaru pada pesaing utama. Teori Triangular Fuzzy
Number disini merupakan metode pengambilan keputusan untuk memilih strategi terbaik dari
kriteria strategi yang dimiliki perusahaan. Hal pertama yang dilakukan adalah mengkonversi data
linguistik responden dan kemudian menetukan nilai bobot rata rata. Setelah itu pembentukan
defuzzifikasi untuk memperoleh nilai crips yaitu nilai terbaik dari pengujian kriteria.
Dari hasil pengolahan data mengunakan metode BCG, diperoleh pertumbuhan pasar
industri sebesar 18,60 %, sedangkan pangsa pasar relatif terhadap pesaing utama adalah 1,24 yang
menyatakan bahwa perusahaan berada pada posisi Tanda tanya. Hasil pengolahan data
mengunakan metode TFN menyatakan sebanyak strategi yang menjadi prioritas terbaik, yaitu
mengelola konsumen Strategi tersebut dirumuskan dengan menjalin kerja sama dalam pengadaan
alat-alat kesehatan di rumah sakit yang menggunakan produk dari PT.Tawada healtcare.
Kata kunci: Industri penjualan alat-alat kesehatan, Matriks Boston consulting group, Triangular
fuzzy number
Competition in the industrial world increasingly fierce due to the increasing growth of
the industry. This competition led to any further industry works hard in formulating marketing
strategy company. PT. Tawada Healtcare is a company engaged in the sale of Healt Equeipment
that is being developed. The main problem of this industry is the limited promotional team to
develop a business and run the marketing activities, the purpose of this study is to determine the
priority strategy by looking at the current position of the company.
Boston Consulting Group Matrix theory is a method that shows the differences between
the various division in market share position and industry growth rates. The main function of
terori BCG is to know posis company to win the industry today. The first thing to do is determine
the company's newest sales volume and sales volume compared with tebaru the main competitor.
Triangular Theory of Fuzzy Numbers Here is a method of decision making to choose the best
strategy of the company's strategic criteria. The first thing to do is convert the linguistic data of
respondents and then determine the value weighted average. After the formation of the Crips
defuzzyfication to obtain the best value of the test criteria.
From the data processing method of BCG, obtained by growth in industrial market by
18,60 %, while the market relative to the competitor is 1,14 which states that the company is in
position A question mark. The data processing method of the TFN claim as much as 2 best strategy
is a priority, namely the manage the customer ) The strategy is formulated to provide membership
card facilities to consumers to assist employees in managing consumer.
Keywords: Healt Equipment sales industry, the Boston consulting group matrix, Triangular fuzzy
number.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 01:47 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 01:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |