POLA KOMUNIKASI INTERNALISASI PESAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANGGOTA GENG PELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

CHRISTANTO, BERLAN WAHYU (2016) POLA KOMUNIKASI INTERNALISASI PESAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANGGOTA GENG PELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anggota Geng Ranger SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”. Fenomena geng sekolah dan tawuran pelajar di Yogyakarta kini makin marak. Selain itu, sekolah berbasis Islam (Muhammadiyah) ternyata juga memiliki geng sekolah. Salah satunya adalah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang memiliki geng Ranger. Penelitian bertujuan mendeskripsikan tentang Pola Komunikasi Geng Ranger dengan guru Pendidikan Agama Islam, dengan sesama siswa dan dengan sesama anggota Ranger. Komunikasi merupakan aspek penting dalam berinteraksi antar sesama manusia pada kehidupan sehari-hari. Manusia sebagai makhluk sosial, dimana selalu hidup dengan manusia lainnya serta saling membutuhkan dan senantiasa berkomunikasi dengan sesama dalam bergaul dan mengorganisir kehidupannya. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kualitatifsehingga menggunakan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan responden atau narasumber siswa dan guru SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang dilakukan antara guru dengan siswa sifatnya vertikal, horisontal dan antar siswa satu dengan siswa yang lain sifatnya horisontal. Proses komunikasi yang terjadi anatara guru PAI dengan siswa (Ranger) dalam pemahaman nilai-nilai agama Islam ini tidak sejalan dengan siswa (Ranger). Karena siswa masih melakukan penyimpangan kelakuan (klitih, tawuran, miras) dan melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma agama serta visi & misi dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. ABSTRACT This study entitled "Communication Patterns Internalization values of Islamic Education At Ranger Gang Member SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta". The phenomenon of gangs and fighting school students in Yogyakarta is now more widespread. Besides, the Islamic-based schools (Muhammadiyah) it also has a school gangs. One is the SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta who have gang Ranger. The research aims to describe about Geng Communication Patterns Ranger with Islamic education teachers, with fellow students and with fellow members of the Ranger. Communication is an important aspect of the interaction among humans in everyday life. Humans as social beings, which always live with other human beings and need each other and communicate with each other always in the mix and organize their lives. This research is a qualitative descriptive study that uses data collection by interview, observation, and documentation with the respondent or informant students and teachers SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. From the results of the study showed that the patterns of communication between teachers and students conducted its vertical, horizontal and among students with other students a horizontal nature. The process of communication is occurring between PAI teacher with students (Ranger) in understanding the values of the Islamic religion is not in line with the students (Ranger). Because students still perform deviation behavior (klitih, brawls, alcohol) and perform actions contrary to the norms of religion as well as the vision and mission of SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 May 2016 07:20
Last Modified: 10 May 2016 07:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item