POLA KOMUNIKASI INTERNALISASI PESAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANGGOTA GENG PELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

CHRISTANTO, BERLAN WAHYU (2016) POLA KOMUNIKASI INTERNALISASI PESAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANGGOTA GENG PELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam Pada Anggota Geng Ranger SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”.
Fenomena geng sekolah dan tawuran pelajar di Yogyakarta kini makin marak.
Selain itu, sekolah berbasis Islam (Muhammadiyah) ternyata juga memiliki geng
sekolah. Salah satunya adalah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang memiliki
geng Ranger. Penelitian bertujuan mendeskripsikan tentang Pola Komunikasi
Geng Ranger dengan guru Pendidikan Agama Islam, dengan sesama siswa dan
dengan sesama anggota Ranger. Komunikasi merupakan aspek penting dalam
berinteraksi antar sesama manusia pada kehidupan sehari-hari. Manusia sebagai
makhluk sosial, dimana selalu hidup dengan manusia lainnya serta saling
membutuhkan dan senantiasa berkomunikasi dengan sesama dalam bergaul dan
mengorganisir kehidupannya. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif
kualitatifsehingga menggunakan pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi dengan responden atau narasumber siswa dan guru SMA
Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pola
komunikasi yang dilakukan antara guru dengan siswa sifatnya vertikal, horisontal
dan antar siswa satu dengan siswa yang lain sifatnya horisontal. Proses
komunikasi yang terjadi anatara guru PAI dengan siswa (Ranger) dalam
pemahaman nilai-nilai agama Islam ini tidak sejalan dengan siswa (Ranger).
Karena siswa masih melakukan penyimpangan kelakuan (klitih, tawuran, miras)
dan melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma agama serta visi & misi
dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

ABSTRACT

This study entitled "Communication Patterns Internalization values of Islamic
Education At Ranger Gang Member SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta". The
phenomenon of gangs and fighting school students in Yogyakarta is now more
widespread. Besides, the Islamic-based schools (Muhammadiyah) it also has a
school gangs. One is the SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta who have gang
Ranger. The research aims to describe about Geng Communication Patterns
Ranger with Islamic education teachers, with fellow students and with fellow
members of the Ranger. Communication is an important aspect of the interaction
among humans in everyday life. Humans as social beings, which always live with
other human beings and need each other and communicate with each other always
in the mix and organize their lives. This research is a qualitative descriptive study
that uses data collection by interview, observation, and documentation with the
respondent or informant students and teachers SMA Muhammadiyah 2
Yogyakarta. From the results of the study showed that the patterns of
communication between teachers and students conducted its vertical, horizontal
and among students with other students a horizontal nature. The process of
communication is occurring between PAI teacher with students (Ranger) in
understanding the values of the Islamic religion is not in line with the students
(Ranger). Because students still perform deviation behavior (klitih, brawls,
alcohol) and perform actions contrary to the norms of religion as well as the
vision and mission of SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 10 May 2016 07:20
Last Modified: 10 May 2016 07:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item