PENGARUH PRAKTIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PT K-24 INDONESIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SARI, FIKA ARISTIA (2015) PENGARUH PRAKTIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PT K-24 INDONESIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Penelitian dilakukan pada perusahaan franchise yaitu PT K-24. Berlokasi di
JalanMagelang, Karangwaru kidul PR 24 Yogyakarta. PT K-24 merupakan
Apotek asliIndonesia yang pertama diwaralabakan sehingga menjadi apotek
dengan outletterbanyak di Indonesia. Salah satu pilar agar PT K-24 mampu
bertahan dalampersaingan dengan perusahaan yang sejenis (pesaing) adalah
dengan menerapkanTotal Quality Management (TQM). Dengan menerapkan
praktik TQM,diharapkan kinerja PT K-24 akan lebih baik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik Total Quality Management
(TQM) terhadap kinerja PT K-24 Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Obyek penelitian ini adalah PT K-24 Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta
yang meliputi wilayah Kota Yogyakarta, Bantul dan Sleman. Populasi dan Sampel
dalam penelitian ini adalah sama yaitu PT K-24 Indonesia di Daerah
Istimewa Yogyakarta yang meliputi wilayah Kota Yogyakarta, Bantul dan
Sleman karena teknik sampling menggunakan sampling sensus atau sampling
jenuh. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan outlet. Pimpinan outlet
dipegang oleh seorang apoteker. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah
37 responden. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik TQM yang meliputi:
kepemimpinan, perencanaan strategi, fokus pelanggan, proses manajemen, dan
kualitas pemasok yang semakin baik mampu membawa peningkatan pada kinerja
PT K-24. Secara parsial hanya indikator perencanaan strategi yang kurang mampu
meningkatkan kinerja PT K-24.

Kata Kunci: Praktik TQM, kinerja PT K-24, produk dan jasa apotek.

ABSTRACT
The study was conducted on a franchise company, PT K-24. Located in
Jalan Magelang, Karangwaru kidul PR 24 Yogyakarta. PT K-24 is the first
Indonesian native pharmacy franchise that became the largest pharmacy outlets in
Indonesia. One of the pillars that PT K-24 is able to survive in competition
with similar companies (competitors) is to adopt Total Quality Management
(TQM). By implementing TQM practices, expected performance of PT K-24
will be better. This study aimed to analyze the effect of the practice of
Total Quality Management (TQM) on the performance of PT K-24 Indonesia in
Yogyakarta. Object of this research is PT K-24 Indonesia in Yogyakarta which
covers an area of Yogyakarta, Bantul and Sleman. Population and sample in
this study is the same, namely PT K-24 Indonesia in Yogyakarta which
covers an area of Yogyakarta, Bantul and Sleman because sampling
techniques using the census sampling or sampling saturated. Respondents in this
study was the leader of the outlet. Outlet leadership held by a pharmacist. The
number of respondents in this study were 37 respondents. Model analysis used is
multiple regression analysis. Findings from this study indicate that TQM practices
which include: leadership, strategic planning, customer focus, process
management, and better quality supplier capable of bringing improvement in
the performance of PT K-24. Partially only indicators of planning strategies
that are less able to improve the performance of PT K-24.

Keywords: TQM practice, the performance of PT K-24, pharmacy services.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:54
Last Modified: 11 Aug 2016 03:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item View Item