PEMBINGKAIAN BERITA KAMPANYE PASANGAN JOKOWI – JK DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN OKEZONE.COM EDISI 04 JUNI 2014 – 05 JULI 2014

Cahyana, Joko Dwi (2016) PEMBINGKAIAN BERITA KAMPANYE PASANGAN JOKOWI – JK DALAM PEMILU PRESIDEN 2014 DI MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN OKEZONE.COM EDISI 04 JUNI 2014 – 05 JULI 2014. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Media online memiliki banyak kelebihan dalam menyampaikan berita,
salah satunya adalah kecepatan berita yang jauh melampaui media konvensional
seperti surat kabar. Berita yang terdapat di media online dipengaruhi oleh
berbagai kepentingan didalamnya termasuk ideologi media. Hal ini terlihat pada
dari pembingkaian berita dilakukan oleh media massa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana mengemasan berita kampanye mengenai pasangan
Jokowi – JK yang terdapat di media online KOMPAS.com dan Okezone.com
selama edisi 04 Juni 2014 – 05 Juli 2014. Penelitian ini menggunakan paradigma
konstruksionis dengan pendekatan kualitatif. Analisis pembingkaian dilakukan
menggunakan model pembingkaian yang diperkenalkan Zhongdang Pan dan
Gerlad M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembingkaian yang
dilakukan KOMPAS.com terhadap berita mengenai kampanye pasangan Jokowi –
JK lebih banyak menyoroti pasangan Jokowi – JK, sementara pembingkaian yang
dilakukan Okezone.com.com masih menunjukkan upaya media tersebut untuk
obyektif dalam melakukan pemberitaan meskipun cenderung kontra terhadap
pasangan Jokowi – JK.
Kata Kunci : Pembingkaian berita, Kampanye pasangan Jokowi – JK,
KOMPAS.com dan Okezone.com

ABSTRACT
Online media has enormous advantages in publishing information. One of
them is about its rapidity that outperforms other conventional media like
newspapers. Any news occurred in online media is influenced by any kind of
interests including media ideology. This is seen by the mass media news-frame.
The aim of this research is to understand how online media, especially
Kompas.com and Okezone.com, packed the news about the election campaign
conducted by Jokowi-JK in June 4th-July 5th, 2014. This research utilized
constructionist paradigm with qualitative approach. It analyzed by Zhongdang Pan
and Gerlad M. Kosicki model. The result of this research showed that the way
how KOMPAS.com created their news about Jokowi-JK campaign seems to be
more focused on that duo. In opposite, Okezone.com showed their effort to keep
the objectivity in reporting the election, even though they still tend to oppose the
Jokowi-JK.
Keywords: News-framing, Jokowi-JK Campaign, KOMPAS.com and
Okezone.com

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 May 2016 04:38
Last Modified: 10 May 2016 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item