STRATEGI MEDIA MIX JASA PERHOTELAN (Studi Deskriptif Tentang Strategi Media Mix Jasa Perhotelan di Poeri Devata Resort Hotel Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung)

FITRIADI A, MUHAMMAD RIFKI (2016) STRATEGI MEDIA MIX JASA PERHOTELAN (Studi Deskriptif Tentang Strategi Media Mix Jasa Perhotelan di Poeri Devata Resort Hotel Yogyakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Industri bisnis perhotelan di Yogyakarta kini berkembang pesat, berbagai hotel baru maupun hotel lama saling bersaing. Hal ini menjadikan persaingan bisnis perhotelan di Yogyakarta menjadi semakin ketat. Persaingan tersebut membuat Poeri Devata Hotel perlu menerapkan strategi dalam meningkatkan jumlah pengunjung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi media mix yang digunakan hotel Poeri Devata Resort Yogyakarta dalam usahanya untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Selain itu, untuk mengatahui kebijakan pemilihan media yang dilakukkan Poeri Devata Hotel dalam meningkatkan jumlah kunjungan tamu dan untuk mengetahui keberhasilan media mix yang telah digunakan oleh Poeri Devata Resort untuk meningkatkan jumlah pengunjung.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan data yang diperoleh peneliti. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakankerangka pemikiran atau teori strategi media periklanan, bauran media, teori penyampaian pesan dan teori ketergantungan media.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil bahwa strategi media mix yang diterapkan Poeri Devata Hotel lebih memfokuskan iklan pada media online seperti website, agooda.com, laterooms.com dan media sosial. Media online saat ini dinilai sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang efektif. Karena memang iklan media online biayanya lebih murah, jangkauannya lebih luas dan tidak ada batasan waktu iklannya dan itu yang menjadikan alasan Poeri Devata memilih media online sebagai fokus utama Poeri Devata. Selain itu Poeri Devata juga masih menggunakan media below the line dan mengkombinasikandengan media tambahan yaitu branding produk dari Poeri Devata Resort itu sendiri. Kata kunci : Hotel, Yogyakarta, Media Online, Media Mix ABSTRACT industrial hospitality business in Yogyakarta is now growing rapidly, a variety of new hotels and hotel longer competing. This makes the hotel business in Yogyakarta competition becomes increasingly fierce. Competition makes Poeri Devata Hotel need to implement strategies to increase the number of visitors. Course this study was to determine and describe the media mix strategy used Poeri Devata Resort Hotel Yogyakarta in its efforts to increase the number of visitors. In addition, to know the policy of media selection Poeri Devata Hotel in increasing the number of visits to determine the success of guests and media mix that has been used by Poeri Devata Resort to increase the number of visitors. This type of research is qualitative descriptive study to explain the data obtained by researchers. Researchers used a qualitative descriptive method is by way of observation, interviews, and documentation. This study uses a theoretical framework or advertising media strategy, media mix, message delivery theory and dependency theory media. Based on research that has been conducted, the authors obtain the result that the media mix strategy applied Poeri Devata Hotel more focused advertising in online media such as websites, agooda .com, laterooms.com and social media. Online media is currently considered to be very useful and an effective impact. Because it is an online media advertising cost is cheaper, broader coverage and there is no time limit and that's what makes the reason Poeri Devata choosing online media as the main focus was Poeri Devata. In addition to also still use the media below the line and combined with additional media is branding of products from Poeri Devata Resort itself. Keywords : Hotel, Yogyakarta,Online, Media Mix

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 May 2016 03:29
Last Modified: 10 May 2016 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item