KAJIAN TEKNIS JALAN ANGKUT BATUBARA DARI FRONT PENAMBANGAN KE STOCK YARD DI PT BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA JOBSITE LATI KALIMANTAN TIMUR

H.I SELAN, SALYOGOST (2012) KAJIAN TEKNIS JALAN ANGKUT BATUBARA DARI FRONT PENAMBANGAN KE STOCK YARD DI PT BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA JOBSITE LATI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ring.pdf]
Preview
Text
ring.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

PT. Bukit Makmur Mandiri Utama merupakan perusahaan swasta
nasional yang bergerak di bidang pertambangan batubara. PT. Bukit Makmur
Mandiri Utama Jobsite Lati merupakan salah satu kontraktor yang melakukan
penambangan di dalam wilayah lokasi PT. Berau Coal yang berlokasi di Desa
Sambakungan, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan
Timur. Kegiatan penambangan pada PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Job site
Lati terbagi dalam 3 lokasi Penambangan yaitu Pit West, Pit East dan Pit T 07.
Penambangannya dilakukan dengan sistem tambang terbuka (surface
mining) dengan metode Strip Mining. Mulai tahun 2005, metode penambangan
yang digunakan adalah metode in pit dump dengan cara backfilling.
Batubara diangkut dari front penambangan menuju ke stock yard dengan
jarak yang berbeda – beda pada setiap lokasi penambangan. Jarak angkut dari Pit
T07 adalah 15 Kilometer, dari Pit West adalah 14 Km dari Pit East adalah 13 Km.
Berdasarkan hasil penelitian lebar jalan angkut dilapangan sudah
memenuhi persyaratan secara teoritis. Untuk superelevasi (pada jalan menikung),
perbaikan yang harus dilakukakan adalah sebesar 48 cm pada segmen A, 52 cm
pada segmen B, 45 cm pada segmen C, 44,8 cm pada segmen D, 38,94 cm pada
segmen E, 33,36 cm pada segmen F. Untuk cross slope (pada jalan lurus),
perbaikan yang harus dilakukan adalah sebesar 42 cm pada segmen A, 44,24 cm
pada segmen B, 37,4 cm pada segmen C, 55,2 cm pada segmen D, 37,56 cm pada
segmen E, 53,12 cm pada segmen F.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui beban kendaraan yang
melalui jalan angkut yaitu 17.601,66 lb/ft2 (Lampiran J). Jalan angkut batubara di
PT Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite Lati, sudah diperkeras dengan (gravel
formation;very compact sandy gravel) yaitu 20.000 lb/ft2 sehingga mampu
menahan beban kendaraan yg melewatinya.
Guna menunjang kelancaran dan keselamatan kerja kegiatan
pengangkutan khususnya pada jalan, maka perlengkapan yang mendukung untuk
tercapainya kondisi tersebut harus tersedia. Faktor-faktor pendukung tersebut :
jarak berhenti dan jarak pandang, rambu-rambu jalan angkut, tanggul pengaman
serta saluran penyaliran.
Usulan perbaikan jalan angkut diharapkan dapat meningkatkan
produktifitas pengangkutan, juga mendukung tercapainya kenyamanan dan
keselamatan kerja pada operasional pengangkutan, baik itu pengemudi maupun
alat angkut yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:26
Last Modified: 05 Aug 2016 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item