EVALUASI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT ARTJOG TAHUN 2015 (Studi Tentang Penurunan Jumlah Pengunjung Event ArtJog Tahun 2015 Oleh EO HPAM)

Kusumawati, Dessy Arin (2016) EVALUASI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT ARTJOG TAHUN 2015 (Studi Tentang Penurunan Jumlah Pengunjung Event ArtJog Tahun 2015 Oleh EO HPAM). Other thesis, UPN"Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Event ArtJog merupakan sebuah event kelas internasional yang mengangkat tentang sebuah pameran hasil karya seni. Penelitian program evaluasi komunikasi pemasaran event ArtJog tahun 2015 (studi tentang penurunan jumlah pengunjung event ArtJog tahun 2015 oleh EO HPAM) ini, bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi dan evaluasi yang dilakukan oleh EO HPAM dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Teori Media Baru dan Teori Informasi sedangkan konsepnya menggunakan perspektif CMC (Computer Mediated Communication) dan komunikasi pemasaran yang menjadi landasan dalam penelitian ini. Teori media baru membahas tentang penggunaan media maya sebagai alat untuk berinteraksi secara langsung dan untuk menyebarkan pengetahuan atau informasi. Sedangkan Teori informasi proses penyampaian pesan atau informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan melalui sosial media. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam kepada CEO ArtJog beserta divisi komunikasi dan publikasi ArtJog sebagai key informan serta beberapa responden lainnya sebagai informan. Hal ini membantu penulis untuk menganalisis evaluasi komunikasi pemasaran event ArtJog tahun 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh ArtJog melalui 4P yaitu product, place, price dan promosi sebagai awal dari merencanakan strategi komunikasi pemasarannya. Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan komunikasi pemasarannya melalui advertising, penjualan personal, promosi penjualan, pemasaran langsung dan hubungan masyarakat. Untuk evaluasinya menganalisis evaluasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh EO HPAM. Meskipun kegiatan komunikasi sudah berjalan, tetapi belum dapat dikatakan maksimal karena pihak HPAM kurang memanfaatkan periklanan melalui media elektronik, media cetak, media internet dan media luar ruang sebagai media promosinya. Maka dapat disimpulkan bahwa ArtJog lebih gencar melakukan promosinya melalui sosial media. Kata kunci : evaluasi, komunikasi pemasaran, event ArtJog.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT Telematika puskom
Date Deposited: 14 Sep 2016 05:08
Last Modified: 14 Sep 2016 05:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item