APLIKASI MODEL BIOMEKANIKA STATIS 2 DIMENSI UNTUK MENENTUKAN GAYA KOMPRESI SENDI L5/S1 PADA PENGEMUDI MOBIL

WIDYASIH, NILAM (2016) APLIKASI MODEL BIOMEKANIKA STATIS 2 DIMENSI UNTUK MENENTUKAN GAYA KOMPRESI SENDI L5/S1 PADA PENGEMUDI MOBIL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Postur duduk pengemudi mobil dapat mempengaruhi kenyamanan ketika
mengemudi. Postur duduk yang kurang tepat dapat menimbulkan risiko terjadinya cidera
pada tulang belakang. Peningkatan resiko terjadinya cidera pada tulang belakang
disebabkan oleh besarnya tekanan yang diterima oleh tulang belakang. Tulang belakang
merupakan bagian yang paling kritis terutama bagian pertemuan lumbar 5 dan sakral 1
(L5/S1).
Penelitian ini merupakan penerapan model biomekanika untuk mengetahui
besarnya gaya kompresi sendi L5/S1 pada posisi duduk pengemudi mobil Sport Utility
Vehicle (SUV). Model biomekanika ini termasuk model biomekanika statis dalam
pandangan dua dimensi. Penerapan model ini diawali dengan tahap penentuan koordinat
pada setiap segmen tubuh. Tahap selanjutnya adalah menentukan gaya dan momen yang
terjadi pada setiap segmen tubuh. Selanjutnya adalah tahapan untuk menghitung besarnya
gaya kompresi yang terjadi pada sendi L5/S1.
Aplikasi model dalam penelitian ini dapat digunakan untuk menganalisis gaya dan
momen untuk setiap persendian pada posisi duduk pengemudi mobil Sport Utility Vehicle
(SUV). Analisis pada penelitian ini dilakukan secara statis dalam pandangan dua dimensi,
namun model ini memberikan cukup banyak informasi yang berhubungan dengan gaya dan
momen di setiap persendian pada tiga posisi duduk mobil Sport Utility Vehicle (SUV),
terutama gaya kompresi pada sendi L5/S1. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa
besarnya gaya kompresi pada sendi L5/S1 dipengaruhi oleh massa dan tinggi tubuh
pengemudi, gaya tekan pedal, serta besarnya perubahan sudut antar segmen pergelangan
tangan, siku, bahu, L5/S1, paha, lutut, pergelangan kaki.
Kata kunci: model biomekanika, posisi duduk, mobil SUV, tulang belakang, gaya
kompresi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:23
Last Modified: 20 Jul 2016 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item