ANALISIS STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi pada UKM Batik Zikin Pekalongan)

Pradana, Farandi Risky (2016) ANALISIS STRATEGI BISNIS MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi pada UKM Batik Zikin Pekalongan). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISIpdf.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISIpdf.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah analisis strategi apa yang
paling tepat digunakan oleh UKM Batik Zikin untuk meningkatkan volume penjualan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran apakah yang tepat.
Tipe dalam penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan tipe penelitian kualitatif.
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable
tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variable yang lain. Teknik
pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian, kekuatan batik Zikin adalah memiliki cirri khas tersendiri pada motif dan
warna, kualitas produk bagus, proses inovasi cepat dilakukan, SDM yang berpengalaman,
disiplin dan mempunyai skill, memiliki konsep kerja yang efektif dengan konsumen.
Kelemahan yaitu tidak adanya perlindungan hak paten, harga produk mahal, kurangnya
perluasan pasar dan promosi yang dilakukan, proses produksi tidak efektif , budaya
organisasi belum baku dan tidak adanya SOP. Peluang yaitu kebutuhan konsumen yang
semakin tinggi dan tidak dipenuhi pasar, pangsa pasar yang semakin luas, munculnya
tekhnologi baru, tempat pemasaran yang strategis, munculnya pergantian trend fashion
yang sangat cepat. Ancaman yaitu banyaknya pelaku usaha batik di Kota Pekalongan,
semakin ketatnya persaingan dalam hal pemasaran, persaingan harga jual produk,
perubahan selera konsumen terhadap produk batik, kenaikan harga bahan baku kain mori.
Saran bagi perusahaan adalah UKM Batik Zikin harus melebarkan usahanya pada seluruh
wilayah yang ada di Indonesia maupun luar negri dan meningkatkan keunggulan produkproduk
UKM Batik Zikin dari segi kualitas produk, motif, bahan baku dan harga
perluasan pasar dengan membuka cabang-cabang di beberapa kota strategis dan corner
produk premium serta dapat mengikuti secara aktif pameran fashion dan batik agar pesan
dan promosi perusahaan dapat tersampaikan secara langsung oleh konsumen dan hal lain
yang harus di perhatikan oleh UKM Batik Zikin adalah merk dagang yang digunakan
juga harus memiliki hak paten agar tidak di salah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab untuk membajak hasil karya UKM Batik Zikin.Struktur organisasi
UKN Batik Zikin hendaknya tertulis secara sistematis dan terstuktur agar memudahkan
para pekerja dalam melakukan tanggung jawab pekerjaannya, membuat dokumen
mengenai SOP (Standart Operational Procedure) pada setiap bagian produksi maupun
non produksi, agar seluruh kegiatan tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien
sehingga seluruh kegiatan dalam UKM Batik Zikin dapat berjalan secara optimal dan
kebutuhan konsumen dapat terpenuhi dengan tepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:37
Last Modified: 19 Jul 2016 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4835

Actions (login required)

View Item View Item