RAMADHAN, RIZKY (2015) ANALISIS EFEKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK GERBONG KERETA EKONOMI DENGAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) (Studi Kasus di PT. INKA (Persero), Madiun – Jawa Timur). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK TA RIZKY.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini mempengaruhi pertumbuhan dunia industri untuk semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang bermunculan membuat peta persaingan industri semakin kompetitif. PT. INKA (Persero) dalam hal ini yang menjadi objek penelitian adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam Industri Manufaktur Perkeretaapian yang juga mengalami beberapa kendala dengan efektifitas tenaga kerja. Dalam penelitian ini akan diidentifikasi berapa efektifitas tenaga kerja optimal yang dibutuhkan perusahaan dengan metode pendekatan Work Load Analysis (WLA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapat bahwa perusahaan memiliki permasalahan pada kebutuhan tenaga kerja efektif yang tidak sesuai dengan beban kerja yang diterima pada unit bagian Finishing, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan tersebut. Dari pengamatan dilapangan dihasilkan rerata kebutuhan tenaga kerja pada unit bidang Finishing selama 5 bulan periode tahap pengerjaan kereta ekonomi (K3AC), hanya berkisar sebesar 41 orang saja yang dibutuhkan, dengan jumlah kelebihan tenaga kerja pada masing-masing bulan pengerjaan mulai Bulan Agustus sebesar 39 orang, Bulan September sebesar 42 orang, Bulan Oktober sebesar 45 orang, Bulan November sebesar 35 orang, dan Bulan Desember sebesar 45 orang. Hal ini menyebabkan cukup banyaknya tenaga kerja yang menganggur. Bahan pertimbangan bagi perusahaan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu perlu dilakukannya pengalokasian tenaga kerja serta penambahan personil pada divisi yang membutuhkan tentunya berdasarkan dengan skill masing-masing. Sehingga secara garis besar bahwa jumlah tenaga kerja yang menganggur pada unit bagian Finishing juga merupakan salah satu faktor penentu dari keterlambatan produksi pada unit bagian tersebut, selain bahwa perlu adanya identifikasi dari faktor – faktor lain yang mempengaruhi keterlambatan produksi pada unit bagian Finishing sehingga dapat diketahui pasti penyebab dari keterlambatan produksi, serta agar dapat mencapai target produksi hingga proses delivery (pengiriman) kepada pelanggan bagi perusahaan. Kata kunci: efektivitas tenaga kerja, Work Load Analysis (WLA), kelebihan tenaga kerja, kereta ekonomi (K3AC). Developments of scienqce and technology nowadays affects the growth of the industry's to be rapidly evolving through time. The number of companies that have emerging up to make the competitive landscape more competitive industry. PT. INKA (Persero) in this case that the object of research is one of the companies who engaged in the Railways Manufacturing Industries were also having some problems with the effectiveness of the workforce. In this study will be identified how the effectiveness of the optimal manpower needed by the company to approach Work Load Analysis (WLA). Based on the results of research conducted, found that the company has a problem in effective manpower needs that are not in accordance with the workload received on the Finishing unit section, and the purpose of this study was to analyze for those needs. From the scope of observations is generated average manpower requirement in Finishing workstation unit during the 5-month period stage of the economic K3AC railways is only about 41 people is needed, with an excess amount of manpower in each month of the works started in August by 39 people, in September amounted to 42 people, in October amounted to 45 people, in November amounted to 35 people, and in December by 45 people. This causes quite a number of workers who are out of job. Considerate for the companies based on research that has been done that is needed to do the allocation of manpower and the addition of personnel in that division requires of course based on their skill of each. So broadly that the number of out job workers in the Finishing unit is also a deciding factor of production delays on those unit, in addition to necessary for the identification of the other factors that affecting the delay of production in the Finishing uni,t so that can be known for sure the cause of production delays, and in order to achieve the production target until the delivery order to customers for the company. Keywords: workload efectivity, Work Load Analysis (WLA), manpower overage, (K3AC) economic railwaycar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 01:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 01:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |