EVALUASI STRATEGI MANAJEMEN SIARAN PRO 2 RRI YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTARA STASIUN RADIO DI YOGYAKARTA

RACHMAWAN, ARKANUDIN NOOR (2016) EVALUASI STRATEGI MANAJEMEN SIARAN PRO 2 RRI YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTARA STASIUN RADIO DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN"Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pada proses penyelenggaraan siaran radio, perlu adanya manajemen program siaran yang baik dan teratur. Manajemen program siaran pada stasiun radio saling berkaitan dalam perencanaan dan penyusunan suatu program yang akan disiarkan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana proses strategi manajemen siaran yang diterapkan oleh PRO 2 RRI Yogyakarta dalam upaya untuk bersaing dengan radio lain. Teori Niche, Teori Komunikasi Pemasaran dan Teori Manajemen Siaran sebagai landasan dalam penelitian ini. Sebagai stasiun radio yang berstatus Lembaga Penyiaran Publik, PRO 2 RRI Yogyakarta mempunyai tanggung jawab sosial yang lebih besar dibandingkan dengan radio lain. Hal ini membuat PRO 2 RRI Yogyakarta tidak berorientasi pada materi, namun tujuan keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih mengutamakan untuk melayani kepentingan masyarakat khususnya kaum muda sebagai segmentasinya. PRO 2 RRI Yogyakarta dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas program siaran yang dimilikinya agar dapat tetap eksis dan bersaing dengan radio lain yang ada di Yogyakarta. Hasil yang di peroleh peneliti yaitu strategi yang diterapkan PRO 2 RRI Yogyakarta saat ini adalah dengan membuka ruang publik seluas-luasnya kepada masyarakat, agar keberadaan PRO 2 RRI Yogyakarta lebih dirasakan dan program siaran yang dimiliki diminati oleh masyarakat. Evaluasi yang diberikan peneliti untuk PRO 2 RRI Yogyakarta yaitu peneliti melihat masih kurangnya publikasi program siaran yang dilakukan oleh PRO 2 RRI Yogyakarta. Jadi yang perlu PRO 2 RRI Yogyakarta saat ini lakukan adalah dengan banyak melakukan kegiatan di luar studio yang sifatnya menghibur dan mengedukasi, baik secara on air maupun off air. Kata kunci : Strategi, Manajemen Siaran, Manajemen Radio, Komunikasi Pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT Telematika puskom
Date Deposited: 14 Sep 2016 05:08
Last Modified: 14 Sep 2016 05:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item