HALIM, CANDRA (2014) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TOLAK ANGIN VERSI AMERIKA TERHADAP MINAT BELI TOLAK ANGIN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel
celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan
similarity pada iklan Tolak Angin versi Amerika terhadap minat beli produk Tolak Angin, dan
2) Mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel variabel celebrity endorser yang terdiri
dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity pada iklan Tolak Angin
versi Amerika terhadap minat beli produk Tolak Angin.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian
dilakukan di Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Yogyakarta terdiri atas 3 jurusan yaitu
manajemen, akuntansi, dan ilmu ekonomi dengan melibatkan responden sebanyak 80. Data
kuantitatif dalam penelitian dikumpulkan melalui kuesione dan dokumentasi. Data hasil
penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan presentasi, rata-rata, dan
regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan uji secara simultan melalui uji F,
disimpulkan bahwa lima vaiabel aspek celebrity endorser yang terdiri atas trustworthiness,
expertise, attractiveness, respect, dan similarity secara bersama-sama berpengaruh secara
signifikan dan positif terhadap minat beli produk Tolak Angin. Hal ini ditunjukkan oleh nilai
Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel, Fhitung sebesar 6,440 dan Ftabel sebesar 2.33. Selain itu
tingkat probabilitas yang diperoleh kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0.000, dan 2) Berdasarkan uji
secara parsial melalui uji t, disimpulkan bahwa diantara lima aspek celebrity endorser yang
terdiri atas Trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity maka tiga
diantaranya (Trustworthiness, Expertise, dan Attractiveness) berpengaruh secara signifikan dan
positif terhadap minat beli produk Tolak Angin dimana variabel Trustworthiness memmiliki
pengaruh paling dominan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 07:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2016 07:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |