PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TOLAK ANGIN VERSI AMERIKA TERHADAP MINAT BELI TOLAK ANGIN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Yogyakarta)

HALIM, CANDRA (2014) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TOLAK ANGIN VERSI AMERIKA TERHADAP MINAT BELI TOLAK ANGIN (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity pada iklan Tolak Angin versi Amerika terhadap minat beli produk Tolak Angin, dan 2) Mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel variabel celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity pada iklan Tolak Angin versi Amerika terhadap minat beli produk Tolak Angin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi, UPN Veteran Yogyakarta terdiri atas 3 jurusan yaitu manajemen, akuntansi, dan ilmu ekonomi dengan melibatkan responden sebanyak 80. Data kuantitatif dalam penelitian dikumpulkan melalui kuesione dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan presentasi, rata-rata, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan uji secara simultan melalui uji F, disimpulkan bahwa lima vaiabel aspek celebrity endorser yang terdiri atas trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat beli produk Tolak Angin. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel, Fhitung sebesar 6,440 dan Ftabel sebesar 2.33. Selain itu tingkat probabilitas yang diperoleh kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0.000, dan 2) Berdasarkan uji secara parsial melalui uji t, disimpulkan bahwa diantara lima aspek celebrity endorser yang terdiri atas Trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity maka tiga diantaranya (Trustworthiness, Expertise, dan Attractiveness) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat beli produk Tolak Angin dimana variabel Trustworthiness memmiliki pengaruh paling dominan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:22
Last Modified: 30 Jun 2016 07:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item