STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG MERAH(Allium cepa var. ascalonicum) DI LAHAN PASIR PADA KELOMPOK TANI MANUNGGAL DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL

AZHAR BATUBARA, WISKO (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BAWANG MERAH(Allium cepa var. ascalonicum) DI LAHAN PASIR PADA KELOMPOK TANI MANUNGGAL DI DESA SRIGADING KECAMATAN SANDEN KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar Pengesahan Wisko.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Business Development Strategy Allium cepa var. ascalonicum In Soil At Tani Manunggal Group Srigading Village, Sanden, Bantul By: Wisko Azhar Batubara Supervised by: Agus Surata and Juarini ABSTRACT This study aimed to analyze the options business development strategy of onion in the land of sand on farmer groups united in the face of competition in the present and the future, based on the approach to the analysis of SWOT (strenghts, Weakness, Opportunity, Threat), Matrix SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), Matrix IE (Internal External). Knowing the right strategy decisions to be applied at farmer group united. The basic method used is descriptive method. The method of implementation using the case study method. Kinds of data used are primary data and secondary data. Sources of data obtained from the chairman of union of farmer groups, farmer and other relevant agencies. Data collection techniques by observation, questionnaires, interviews, literature and recording.The results provide the conclusion that (1) based on the SWOT analysis, it can be stated that the strategy of large onion business development by expanding the land area of cultivation of onion. (2) apply for credit in the bank for the expansion of planting area. (3) conduct a price quote on the sale of onion production in accordance with market Keywords: Strategy, Development, Business, profit, Shallots iv Strategi Pengembangan Usaha Bawang Merah (Allium cepa var. ascalonicum) Di Lahan Pasir Pada Kelompok Tani Manunggal Desa Srigading, Sanden, Bantul Oleh: Wisko Azhar Batubara Dibimbing oleh: AGUS SURATA dan JUARINI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pilihan strategi pengembangan usaha bawang merah di lahan pasir pada kelompok tani manunggal dalam menghadapi persaingan pada saat ini dan masa yang akan datang, berdasarkan pendekatan analisis SWOT(Strenghts, Weakness, Opportunity, Threat), Matrik SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), Matrik IE (Internal Eksternal). Mengetahui keputusan strategi yang tepat untuk diterapkan di kelompok tani manunggal.Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif.Metode pelaksanaan menggunakan metode studi kasus.Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh dari ketua kelompok tani manunggal,petani dan instansi-instansi lain terkait. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuisioner,wawancara, studi pustaka dan pencatatan. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1) berdasarkan analisis SWOT, dapat dinyatakan bahwa strategi pengembangan usaha bawang merah besar dengan cara memperluas lahan area penanaman bawang merah. (2) mengajukan kredit pada bank untuk perluasan area penanaman. (3) melakukan penawaran harga pada hasil penjualan produksi bawang merah sesuai dengan pasar Kata kunci : Strategi, Pengembangan, Usaha, keuntungan, Bawang Merah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Jun 2016 05:22
Last Modified: 30 Jun 2016 05:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item