Dea Majestika Citra Iswahyudi, . (2025) Analisis Rebranding Balakosa Coffee & Co menjadi Balcos Compound melalui Event Marketing berbasis Collaborative Space dalam Meningkatkan Brand Image Ruang Kolaborasi dan Pengembangan Perempuan. Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
|
Text
1_Cover_253231003.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_253231003.pdf Download (78kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_253231003.pdf Download (394kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_253231003.pdf Download (136kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_253231003.pdf Download (166kB) |
|
|
Text
6_Fulltext_253231003.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis transformasi revolusioner berupa Rebranding Balakosa Coffee & Co menjadi Balcos Compound melalui Event Marketing berbasis Collaborative Space dalam Meningkatkan Brand Image Ruang Kolaborasi dan Pengembangan Perempuan, sebagai respons strategis atas ketidakmampuan brand sebelumnya dalam membangun fondasi kuat, mengonversi daya tarik awal, menjadi loyalitas berkelanjutan di tengah dinamika pasar yang semakin kompetitif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis proses dan menemukan model Rebranding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teori yang digunakan yaitu Teori Konstruksi Sosial, ditunjang dengan konseptual Branding dan Rebranding, Brand Activation, Event Marketing, Collaborative Space, dan Brand Image. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rebranding terbukti berhasil yang didukung oleh peningkatan signifikan traffic pengunjung (300%) dan omzet tenant (100%). Keberhasilan ini dicapai melalui rekonstruksi realitas brand yang strategis, terkurasi, serta relevan, yakni mengadopsi model Compound Space dengan fokus segmen perempuan muda dan memproyeksikan Brand Image sebagai Ruang Kolaborasi dan Pengembangan Perempuan. Substansi penelitian ini mengonseptualisasikan Model Rebranding Re-Konstruktif, yang memperkaya literatur, terintegrasi dengan dialektika Eksternalisasi, Objektivasi, dan Internalisasi. Secara praktis, model ini menjadi panduan manajemen realitas sosial melalui Event Marketing yang terukur bagi pelaku bisnis serupa. Selain itu, penelitian ini menegaskan kepada masyarakat dan konsumen tentang peran krusial mereka dalam membentuk dan memelihara realitas brand melalui partisipasi aktif.
Rekomendasi mencakup Model Rebranding Re-Konstruktif sebagai landasan teoretis dan panduan strategis-aplikatif. Terdiri dari langkah-langkah penguatan fokus segmen (modern produktif), optimalisasi kurasi tenant dan event yang sinergis, pengelolaan komunitas konsumen secara terorganisir, serta analisis data performa holistik (kuantitatif dan kualitatif) sebagai dasar rekonstruksi strategi. Model ini diarahkan untuk meningkatkan Brand Image yang mampu memperkuat brand dan mencapai keunggulan kompetitif jangka panjang.
Kata Kunci: Rebranding; Teori Konstruksi Sosial; Collaborative Space; Brand Image
| Item Type: | Tugas Akhir (Tesis) |
|---|---|
| Additional Information: | Dea Majestika Citra Iswahyudi (Penulis - 253231003) Prayudi (Pembimbing I) Retno Hendariningrum (Pembimbing Ii) |
| Uncontrolled Keywords: | Rebranding; Teori Konstruksi Sosial; Collaborative Space; Brand Image |
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races J Political Science > JA Political science (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S2) Magister Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 01:25 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 01:25 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
