OPTIMALISASI GEOMETRI JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CAT 773 DARI PIT C KE ORE PROCESSING PLANT DI PT BUMI SUKSESINDO

AGUSTIAN, YUSRIAN (2025) OPTIMALISASI GEOMETRI JALAN ANGKUT UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT CAT 773 DARI PIT C KE ORE PROCESSING PLANT DI PT BUMI SUKSESINDO. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
2. Cover_112210167_Yusrian Agustian.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
3. Abstrak_112210167_Yusrian Agustian.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_112210167_Yusrian Agustian.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
5. Daftar Isi_112210167_Yusrian Agustian.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_112210167_Yusrian Agustian.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_112210167_Yusrian Agustian.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_112210167_Yusrian Agustian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT Bumi Suksesindo (BSI) merupakan perusahaan yang bekerja di bidang
penambangan emas yang terletak di Pesanggaran, Banyuwangi. Penelitian ini
dilakukan guna mengetahui pengaruh geometri jalan terhadap produktivitas alat
angkut CAT 773 E selama pengangkutan ore dari Pit C ke Ore Processing Plant
(OPP). Pada kondisi aktual permasalahan yang terjadi adalah tidak tercapainya
target produktivitas alat angkut CAT 773 E yang diakibatkan beberapa segmen
jalan angkut yang masih perlu dioptimalisasi, seperti lebar jalan, cross slope,
superelevasi, dan juga grade jalan.
Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan perbaikan geometri jalan angkut pada
beberapa segmen. Perbaikan dilakukan pada cross slope, superelevasi, penambahan
lebar jalan yang kurang, dan juga regrading jalan yang melebihi 8%. Lalu,
dilakukan pengolahan dan analisis data menggunakan simulasi rimpull.
Dilakukan pengolahan data dan juga analisis rimpull, dan didapatkan hasil bahwa
alat angkut mengalami peningkatan kecepatan. Dari kecepatan aktual 16,16 km/jam
menjadi 17,82 km/jam, penurunan total waktu edar dari 29,66 menit menjadi 27,03
menit. Maka, produktivitas alat angkut meningkat sebesar 9,7% dari produktivitas
aktual sebesar 87,69 ton/jam menjadi 96,22 ton/jam, dengan target produktivitas
sebesar 91 ton/jam. Hal ini membuktikan bahwa dengan dilakukannya perbaikan
geometri jalan pada beberapa segmen dapat meningkatkan produktivitas alat angkut
CAT 773 E.
Kata kunci: geometri jalan angkut, optimalisasi, produktivitas, waktu edar

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: YUSRIAN AGUSTIAN (Penulis-112210167) ; Nurkhamin (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: geometri jalan angkut, optimalisasi, produktivitas, waktu edar
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:03
Last Modified: 16 Dec 2025 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46103

Actions (login required)

View Item View Item