STRATEGI PEMASARAN ABON AYAM UMKM KHANSA SNACK & FOOD PANDOWOHARJO SLEMAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Ferninda, Novias Jesika (2025) STRATEGI PEMASARAN ABON AYAM UMKM KHANSA SNACK & FOOD PANDOWOHARJO SLEMAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
2. Cover_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
3. Abstrak_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1. Fulltext Skripsi_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf] Text
1. Fulltext Skripsi_135210104_Novias Jesika Ferninda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran produk abon ayam pada UMKM
Khansa Snack & Food di Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, (2) Menganalisis
alternatif strategi pemasaran berdasarkan analisis Internal-Eksternal pada UMKM
Khansa Snack & Food dan (3) menganalisis keputusan strategi pemasaran yang
paling tepat untuk produk abon ayam Khansa Snack & Food berdasarkan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive, dengan pengambilan sampel non
probability sampling sebanyak 4 responden. Jenis data yang digunakan adalah data
primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode IFE EFE untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pemasaran
produk abon ayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) UMKM Khansa
Snack & Food memiliki kekuatan utama yang dimiliki antara lain penggunaan
bahan baku berkualitas, izin P-IRT, ketersediaan modal yang cukup, harga produk
yang terjangkau, serta layanan pengantaran produk yang mendukung kemudahan
bagi konsumen, lokasi usaha yang strategis dan manajemen persediaan bahan baku
yang cukup baik juga memperkuat posisi perusahaan dalam pasar; (2) Berdasarkan
Matriks IE, UMKM berada di posisi “Grow and Build” (Sel I), sehingga strategi
yang disarankan adalah penetrasi pasar dan diferensiasi (3) Hasil QSPM
menunjukkan bahwa strategi terbaik adalah menjalin kerja sama dengan distributor.
Kata kunci : strategi pemasaran, analisis QSPM, UMKM, abon ayam, Khansa
Snack & Food.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Novias Jesika Ferninda (Penulis-135210104) ; Budiarto (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, analisis QSPM, UMKM, abon ayam, Khansa Snack & Food.
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:16
Last Modified: 12 Dec 2025 07:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46063

Actions (login required)

View Item View Item