ANALISIS PERBEDAAN “RETAIL IMAGE” MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Survei Pada Konsumen di Wilayah Depok Yogyakarta)

Sundriyo, Agung (2015) ANALISIS PERBEDAAN “RETAIL IMAGE” MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Survei Pada Konsumen di Wilayah Depok Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Indomaret dengan Alfamart merupakan salah satu perusahaan bisnis retail
minimarket yang terkemuka di Indonesia. Dengan menyediakan berbagai
kebutuhan rumahtangga sehari-hari dari mulai produk makanan, minuman, produk
kecantikan, alat tulis, pulsa elektronik sampai ke alat sederhana rumah tangga.
Setiap perusahaan ritel yang ingin mendapatkan posisi unggul dalam
persaingannya berebut minat konsumen, hendaknya dapat menerapkan variabelvariabel
retail image dengan baik, diantaranya adalah Store Location,
Merchandise, Price, Customer Service, dan Physiscal facilities. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya perbedaan Retail
Image berdasarkan dimensi Store Location, Merchandise, Price, Customer
Service, dan Physiscal facilities pada minimarket Indomaret dan Alfamart
menurut persepsi konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah
berbelanja pada Indomaret maupun Alfamart di wilayah Depok Yogyakarta dan
sampel penelitian ini adalah sebagian konsumen yang pernah berbelanja pada
Indomaret maupun Alfamart di wilayah Depok Yogyakarta yaitu diambil
sebanyak 120 responden penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer yang bersumber dari penyebaran kuesioner kepada responden
penelitian. Penelitian ini meliputi variabel independen dan dependen, adapun
variabel independennya adalah minimarket yang dikelompokkan kedalam dua
kategori yaitu minimarket Indomaret dan Alfamart, dan untuk variabel
dependennya adalah retail image yang terdiri dari dimensi Store Location,
Merchandise, Price, Customer Service, dan Physiscal Facilities. Untuk pengujian
hipotesis menggunakan uji beda t-test sampel berpasangan.
Kesimpulan penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan Retail Image
berdasarkan dimensi Store Location, Merchandise, Price, dan Customer Service
pada minimarket Indomaret dan Alfamart menurut persepsi konsumen. Dan
selanjutnya menurut persepsi konsumen adanya perbedaan Retail Image hanya
pada dimensi Physiscal Facilities diantara kedua minimarket Indomaret dan
Alfamart, sehingga perbedaan penilaian konsumen tidak terjadi di semua faktor
namun hanya di satu faktor yaitu fasilitas fisik. Dimana hal ini merupakan hal
yang paling mudah diidentifikasi, dilihat dan dirasakan. Dibanding faktor lainnya
Kata kunci : Retail Image, Minimarket, Indomaret, Alfamart, Persepsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 29 Jun 2016 02:06
Last Modified: 29 Jun 2016 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/4601

Actions (login required)

View Item View Item