KAJIAN PRODUKTIVITAS BACKHOE CAT 6020 DAN DUMP TRUCK CAT 777E PADA KEGIATAN OVERBURDEN REMOVAL DI PT BUMA

FANY FIRMANSYAH, . (2025) KAJIAN PRODUKTIVITAS BACKHOE CAT 6020 DAN DUMP TRUCK CAT 777E PADA KEGIATAN OVERBURDEN REMOVAL DI PT BUMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.

[thumbnail of 1_Cover_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
1_Cover_112210002_Fany Firmansyah.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
2_Abstrak_112210002_Fany Firmansyah.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_112210002_Fany Firmansyah.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
4_Daftar Isi_112210002_Fany Firmansyah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_112210002_Fany Firmansyah.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 6_Skripsi Fulltext_112210002_Fany Firmansyah.pdf] Text
6_Skripsi Fulltext_112210002_Fany Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: http://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji produktivitas backhoe CAT 6020 dan dump truck CAT 777E pada kegiatan overburden removal di PT Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite Adaro, setelah ditemukan ketidaktercapaian target produksi pada bulan Februari. Analisis dilakukan terhadap faktor-faktor seperti waktu edar (cycle time), efisiensi kerja, bucket fill factor, swell factor, geometri jalan angkut, lebar front penambangan, serta keserasian alat (match factor).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas aktual backhoe (615,06 Bcm/jam) dan dump truck (58,41 Bcm/jam) berada di bawah target perusahaan yaitu 700 Bcm/jam untuk backhoe dan 77 Bcm/jam untuk dump truck. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk waktu edar dump truck yang tinggi karena kecepatan belum memenuhi standar 20 km/jam dalam kondisi bermuatan dan 30 km/jam dalam kondisi tidak bermuatan, dan geometri jalan angkut yang kurang memadai, lebar front penambangan yang belum memenuhi standar (27 m aktual dengan 31,6 m minimum), serta efisiensi kerja yang rendah (70% untuk alat gali-muat dan 78% untuk alat angkut) akibat hambatan operasional. Nilai match factor aktual sebesar 0,76 juga mengindikasikan ketidakseimbangan operasional.
Setelah dilakukan perbaikan meliputi penyesuaian geometri jalan angkut (lebar, kemiringan, superelevasi, cross slope) dan peningkatan efisiensi kerja serta kecepatan alat angkut berdasarkan nilai rimpull dan traffic density, produktivitas meningkat signifikan. Produktivitas backhoe mencapai 772,84 Bcm/jam (110% target) dan alat angkut mencapai 77,06 bcm/jam (100% target). Peningkatan match factor menjadi 0,85 juga menunjukkan keserasian alat yang lebih baik.
Kata kunci: alat angkut, alat gali-muat, efisiensi kerja, geometri jalan, produktivitas

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: FANY FIRMANSYAH (Penulis - 112210002) ; GUNAWAN NUSANTO (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: alat angkut, alat gali-muat, efisiensi kerja, geometri jalan, produktivitas
Subjek: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknologi Mineral dan Energi > (S1) Teknik Pertambangan
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 03 Dec 2025 07:31
Last Modified: 03 Dec 2025 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45963

Actions (login required)

View Item View Item