ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TELUR OMEGA-3 DI SUPERINDO SETURAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fanboy, Erlangga Java (2025) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN TELUR OMEGA-3 DI SUPERINDO SETURAN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
2. COVER_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
3. Abstrak_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
5. Daftar Isi_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 1. Fulltext_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf] Text
1. Fulltext_135210028_Erlangga Java Fanboy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen
telur omega-3, (2) menganalisis nilai kesediaan membayar (willingness to pay)
konsumen telur omega-3, (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kesediaan membayar (willingness to pay) konsumen telur omega-3. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode
penentuan lokasi yang digunakan yaitu purposive dengan pertimbangan
supermarket yang menjual telur omega-3 dengan jumlah gerai paling banyak.
Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling
dengan pendekatan accidental sampling sejumlah 60 responden. Jenis data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengambilan data
menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis contingent valuation method, dan
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) karakteristik
konsumen telur omega-3 di Superindo Seturan didominasi oleh perempuan berusia
15-64 tahun dengan tingkat pendidikan sarjana, dan bekerja sebagai pegawai swasta
dengan pendapatan > Rp 2.300.000 per bulan. Sebagian besar konsumen membeli
telur omega-3 satu kali dalam sebulan, dengan alasan utama pembelian karena
kandungan omega-3 yang tinggi, (2) nilai rata-rata kesediaan membayar
(willingness to pay) konsumen telur omega-3 di Superindo Seturan, Sleman adalah
Rp 33.346/pack (10 butir), (3) usia, tingkat pendidikan, pendapatan, dan kualitas
produk berpengaruh terhadap kesediaaan membayar (willingness to pay) telur
omega-3 di Superindo Seturan.
Kata kunci : Kesediaan Membayar, Telur Omega-3, Perilaku Konsumen

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Erlangga Java Fanboy (Penulis-135210028) ; Ni Made Suyastiri Y. P. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kesediaan Membayar, Telur Omega-3, Perilaku Konsumen
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > (S1) Agribisnis
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 25 Nov 2025 02:07
Last Modified: 25 Nov 2025 02:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45769

Actions (login required)

View Item View Item