Nagam, Rain Hady Riezky Putra (2025) PENGEMBANGAN GAME COOK & PLANT SEBAGAI MEDIA EDUKASI INTERAKTIF TENTANG PEMILAHAN SAMPAH DAN DAUR ULANG MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
2_Cover_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
4_Halaman Pengesahan_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Download (63kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
1_Skripsi full_123190114_RainHadyRiezkyPutraNagam.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan lingkungan, khususnya terkait dengan rendahnya kesadaran akan
pentingnya pemilahan sampah dan proses daur ulang, masih menjadi tantangan besar di
tengah masyarakat, terutama bagi kalangan anak-anak dan remaja. Media pembelajaran
konvensional sering kali dianggap kurang menarik sehingga tidak mampu membangun
keterlibatan aktif dari generasi muda. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan alternatif
yang lebih interaktif dan menyenangkan untuk menyampaikan pesan-pesan penting tentang
pengelolaan sampah. Salah satu pendekatan yang potensial adalah melalui game edukasi.
Penelitian ini mengangkat topik pengembangan sebuah game edukatif berjudul Cook &
Plant, yang bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pemilahan sampah dan daur
ulang dengan cara yang interaktif melalui gameplay yang menggabungkan aktivitas
menanam, memasak, serta memilah dan mendaur ulang sampah.
Penelitian ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC)
sebagai kerangka kerja dalam proses pengembangan game, yang mencakup tahapan
inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan beta. Akuisisi data dilakukan melalui
observasi dan pengujian prototipe dengan pendekatan blackbox testing serta pengujian
kegunaan dengan playtesting dan umpan balik dari pengguna. Dalam tahap perancangan,
disusun Game Concept Document (GCD) dan Game Design Document (GDD) untuk
memformulasikan gameplay, alur cerita, mekanisme permainan, serta aset yang digunakan.
Proses produksi meliputi pembuatan aset visual, antarmuka pengguna, sistem kontrol, dan
logika permainan menggunakan Unity versi 2020.3.45f1 dan bahasa pemrograman C#.
Tahap pengujian dilakukan secara bertahap untuk mengevaluasi fitur-fitur utama,
memperbaiki bug, dan memastikan gameplay berjalan sesuai rencana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode GDLC dapat diterapkan
secara efektif dalam pengembangan game edukasi 3D berbasis strategi dengan perspektif
top-down. Game Cook & Plant berhasil mencapai tahap beta dengan seluruh mekanisme
gameplay berjalan baik dan interaktif. Game ini terbukti mampu menyampaikan pesan
edukatif mengenai pentingnya pemilahan sampah dan daur ulang dengan cara yang
menyenangkan dan mudah dipahami oleh pengguna. Pengujian menunjukkan bahwa fitur
pemilahan dan daur ulang sampah dalam game dapat meningkatkan pemahaman pemain
mengenai klasifikasi sampah organik dan anorganik. Penelitian ini memberikan kontribusi
sebagai referensi dalam pengembangan game edukatif dengan pendekatan iteratif berbasis
GDLC, khususnya dalam konteks edukasi lingkungan.
Kata Kunci: game edukasi, pemilahan sampah, daur ulang, GDLC, Unity
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Rain Hady Riezky Putra Nagam (Penulis - 123190114) ; Bambang Yuwono (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | game edukasi, pemilahan sampah, daur ulang, GDLC, Unity |
| Subjek: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
| Divisions: | Fakultas Teknik Industri > (S1) Informatika |
| Depositing User: | UPA Perpustakaan |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:45 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:45 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
