KARAKTERISTIK INOVASI, PENGETAHUAN KONSUMEN, KECUKUPAN INFORMASI, PERSEPSI RISIKO DAN KELANGKAAN DALAM PENUNDAAN ADOPSI INOVASI PADA MASYARAKAT MISKIN

Sugandini, Dyah (2012) KARAKTERISTIK INOVASI, PENGETAHUAN KONSUMEN, KECUKUPAN INFORMASI, PERSEPSI RISIKO DAN KELANGKAAN DALAM PENUNDAAN ADOPSI INOVASI PADA MASYARAKAT MISKIN. Desertasi thesis, Universitas Gadjah Mada.

[thumbnail of abstract disertasi dyah sugandini.pdf] Text
abstract disertasi dyah sugandini.pdf

Download (521kB)

Abstract

Inovasi sebagai sebuah ide dan praktek, atau obyek yang dipersepsikan sebagai sesuatu yang baru
oleh seorang individu atau unit adopsi yang lain. Penundaan terjadi ketika seorang individu
memutuskan untuk menunda adopsi inovasi. Seorang penunda adopsi masuk ke dalam golongan
non-adopter. Individu ini ada dalam kondisi aktif, menunggu waktu yang dianggapnya tepat untuk
mengadopsi inovasi. Tujusn penelitian ini adalah untuk menguji sebuah model yang menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi penundaan suatu produk inovatif yaitu elpiji pada masyarakat
miskin target konversi energi. Studi ini menerapkan pendekatan deduktif karena memfokuskan
pada pengembangan hipotesis yang didasarkan pada suatu teori. Penelitian ini menggunakan
survei karena memperhatikan sejumlah faktor yang menjelaskan keberadaan fenomena yang
diteliti. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui observasi langsung,
wawancara personal secara mendalam dan pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Alat analisis data menggunakan
structural equation modeling. Pendekatan dua tahap (Two-step approach) digunakan dalam
penelitian ini untuk: (1) mengatasi masalah sampel data yang kecil, jika dibandingkan dengan
jumlah butir instrumentasi yang digunakan (2) keakuratan reliabilitas indikator-indikator terbaik
dapat dicapai dalam two steps, yang bertujuan untuk menghindari interaksi model pengukuran dan
model struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penundaan adopsi dapat diterima.
Bila dijelaskan lebih lanjut dari model tersebut, dapat dinyatakan penundaan yang diproksi dengan
niat menunda produk inovatif secara signifikan dipengaruhi oleh sikap menunda, persepsi
kelangkaan, persepsi risiko ekonomis dan persepsi risiko fungsional. Sedangkan sikap menunda
dipengaruhi oleh persepsi keunggulan relatif, persepsi kesesuaian, persepsi kerumitan, persepsi
keterlihatan, pengetahuan subyektif dan persepsi kecukupan informasi.penelitian ini mempunyai
keterbatasan dengan adanya lingkup penelitian yang pada setting tertentu.

Item Type: Tugas Akhir (Desertasi)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S2) Magister Manajemen
Depositing User: Dr.SE.MSi Dyah Sugandini
Date Deposited: 22 Oct 2025 05:09
Last Modified: 22 Oct 2025 06:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44695

Actions (login required)

View Item View Item