Analisis Keputusan Pembelian Sayur Kemasan di Pasar Tradisional Pada Generasi Z (Studi Kasus di Pasar Prawirotaman, Kota Yogyakarta)

Arif, Mohammad Fadhil (2025) Analisis Keputusan Pembelian Sayur Kemasan di Pasar Tradisional Pada Generasi Z (Studi Kasus di Pasar Prawirotaman, Kota Yogyakarta). Tesis thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_235231008.pdf] Text
Cover_235231008.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Abstrak_235231008.pdf] Text
Abstrak_235231008.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_235231008.pdf] Text
Halaman Pengesahan_235231008.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Daftar Isi_235231008.pdf] Text
Daftar Isi_235231008.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_235231008.pdf] Text
Daftar Pustaka_235231008.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Fulltext_235231008.pdf] Text
Fulltext_235231008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui karakteristik dan perilaku generasi z
pembeli sayur kemasan di Pasar Tradisional Prawirotaman, dan (2) Menganalisis
keputusan pembelian sayur kemasan di Pasar Tradisional Prawirotaman pada
generasi z melalui pengaruh secara langsung pada faktor persepsi, preferensi, minat
beli, dan pengaruh tidak langsung pada faktor persepsi, preferensi yang dimediasi
minat beli. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian
survei, dan metode pengambilan sampel insidental dengan jumlah responden 75
orang. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan partial least
squares - structural equation modeling (PLS-SEM). (1) Karakteristik generasi z
pembeli sayur kemasan di Pasar Tradisional Prawirotaman didominasi pada rentang
umur 19-24 tahun, gender wanita, SMA / Sederajat, belum menikah, berada pada
interval pengasilan rendah per bulan, dan berada pada interval pengeluaran rendah
per bulan. Perilaku generasi z pembeli sayur kemasan di Pasar Tradisional
Prawirotaman didominasi frekuensi kunjungan yang rendah, terpengaruh oleh
harga dalam pemilihan tempat pembelian, terpengaruh kebersihan dalam pemilihan
lokasi, dan tidak terpengaruh sosial media dalam pemilihan produk. (2) Faktor
faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian generasi z dalam membeli sayur
kemasan di Pasar Tradisional Prawirotaman, Persepsi, preferensi, dan minat beli
berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengaruh
tidak langsung persepsi dan preferensi melalui minat beli tidak signifikan dengan
nilai jalur langsung lebih kuat daripada dengan variabel mediasi

Item Type: Tugas Akhir (Tesis)
Additional Information: Mohammad Fadhil Arif (235231008); Budiarto (Pembimbing 1); Dwi Aulia Puspitaningrum (Pembimbing 2)
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional, Generasi Z, Sayur kemasan
Subjek: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pertanian > (S2) Magister Agribisnis
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:22
Last Modified: 21 Oct 2025 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44673

Actions (login required)

View Item View Item