PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE PENJUALAN BATIK TOKO BATIK OMAH LAWEYAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Daffa Aditya Pranugraha, . (2025) PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE PENJUALAN BATIK TOKO BATIK OMAH LAWEYAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1_Cover_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
1_Cover_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 2_Abstrak_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
2_Abstrak_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 3_Halaman Pengesahan_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
3_Halaman Pengesahan_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 4_Daftar Isi_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
4_Daftar Isi_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 5_Daftar Pustaka_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
5_Daftar Pustaka_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 6_Skripsi Fulltext_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf] Text
6_Skripsi Fulltext_124210021_Daffa Aditya Pranugraha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Transformasi digital telah menjadi kebutuhan strategis bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk di sektor industri kreatif seperti batik. Di tengah berkembangnya teknologi dan preferensi konsumen terhadap layanan daring, sistem informasi penjualan yang dirancang dengan baik tidak hanya berperan sebagai alat transaksi, tetapi juga menjadi representasi identitas dan daya saing usaha. Untuk menjawab tantangan modernisasi dari bidang perdagangan, Batik Omah Laweyan memiliki sebuah situs web yang sudah dibuka sejak tahun 2015. Meskipun implementasi situs web ini merupakan strategi penerapan teknologi
digital yang sangat baik dalam mempopularitaskan brand toko Batik Omah Laweyan, namun ada kelemahan yang muncul dari situs web tersebut, dimulai dari konten isi website yang tidak diperbarui dan desain antarmuka yang tampak kuno.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) pada situs web Batik Omah Laweyan guna meningkatkan aspek kegunaan (usability) dan
kepuasan pengguna. Penelitian menggunakan metode User Centered Design (UCD) dengan empat tahapan, yaitu menentukan konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain, serta melakukan evaluasi desain. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap situs web yang ada, wawancara dengan pengguna, serta usability testing
menggunakan platform Maze. Proses perancangan dilakukan melalui pembuatan wireframe, mockup interaktif dengan acuan style guide dan diakhiri dengan pengujian desain
menggunakan aplikasi Maze.

Perombakan desain menghasilkan sistem navigasi yang lebih terstruktur dan tampilan katalog produk yang lebih jelas. Hasil uji usability iterasi 2 menunjukkan tingkat efektivitas penggunaan yang baik dan tingkat keberhasilan 100% dengan skor kegunaan rata-rata 97 menggunakan platform Maze.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Daffa Aditya Pranugraha (124210021-Penulis) Herlina Jayadianti (Pembimbing 1) Budi Suyanto (Pembimbing 2) Heru Cahya Rustamaji (Pembimbing 3) Herry Sofyan (Pembimbing 4)
Uncontrolled Keywords: Desain UI/UX, Pengujian Usabilitas, Batik Retail, Redesain Website, User Centered Design
Subjek: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik Industri > (S1) Sistem Informasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:06
Last Modified: 21 Oct 2025 06:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44668

Actions (login required)

View Item View Item