PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION DIMEDIASI OLEH TOURIST SATISFACTION PADA GEOWISATA LAVA BANTAL BERBAH DI KABUPATEN SLEMAN

SETIAWATI, ANANDIA AYU (2025) PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION DIMEDIASI OLEH TOURIST SATISFACTION PADA GEOWISATA LAVA BANTAL BERBAH DI KABUPATEN SLEMAN. Tesis thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 3.Cover Anandia.pdf] Text
3.Cover Anandia.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2.Abstrak Anandia.pdf] Text
2.Abstrak Anandia.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5.Daftar isi Anandia.pdf] Text
5.Daftar isi Anandia.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 6. Daftar pustaka Anandia.pdf] Text
6. Daftar pustaka Anandia.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4.lembar pengesahan Anandia.pdf] Text
4.lembar pengesahan Anandia.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1.TESIS ANANDIA AYU FINAL.pdf] Text
1.TESIS ANANDIA AYU FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh citra destinasi (destination image) terhadap niat untuk
berkunjung kembali (revisit intention) yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan
(tourist satisfaction) pada Geowisata Lava Bantal Berbah di Kabupaten Sleman. Studi
ini mengeksplorasi peran mediasi dari kepuasan wisatawan dalam kaitan antara citra
destinasi dan niat untuk berkunjung kembali. Survei terhadap 101 responden, yang
dipilih menggunakan sampel probabilitas, memberikan data utama yang dianalisis
menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasilnya mengungkapkan bahwa citra destinasi secara signifikan berkontribusi
terhadap niat untuk berkunjung kembali. Kepuasan wisatawan menunjukkan efek
mediasi positif dan signifikan pada hubungan antara citra destinasi dan niat untuk
berkunjung kembali, menunjukkan bahwa citra yang positif dari destinasi memiliki
pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan tingkat kepuasan wisatawan
dengan pengalaman mereka. Wisatawan yang puas dengan destinasi wisata
memutuskan untuk kembali ke destinasi tersebut. Untuk alasan ini, pengelola destinasi
perlu mempertahankan dan meningkatkan citra destinasi mereka melalui berbagai
upaya pemasaran dan layanan. Ulasan dari pengunjung lain dapat menjadi faktor yang
sangat penting dalam membentuk citra suatu destinasi. Kepuasan wisatawan adalah
salah satu faktor penting dalam keberhasilan suatu destinasi wisata.
Kata kunci: Citra destinasi, Kepuasan wisatawan, Niat untuk berkunjung kembali,
Geowisata.

Item Type: Tugas Akhir (Tesis)
Additional Information: ANANDIA AYU SETIAWATI (penulis) - NIM. 241221029 ; Dr. Wisnalmawati, S. E, M. Si dan Dr. Nina Fapari Arif, S.E., M. Si (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Citra destinasi, Kepuasan wisatawan, Niat untuk berkunjung kembali, Geowisata.
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S2) Magister Manajemen
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:08
Last Modified: 21 Oct 2025 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44638

Actions (login required)

View Item View Item